Unit Link Vs ReksaDana Vs Deposito Hajime! Battle! | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia


-------

Unit Link Vs ReksaDana Vs Deposito Hajime! Battle!

Unit Link, Reksa Dana dan Deposito. Apakah sih perbedaanya teman teman? Setiap orang tentunya akan melalui sebuah fasa, dimana kita mesti membuat perencaan keuangan, baik itu dengan cara menabung? investasikan? atau bisa jadi juga asuransi? Adapun tujuan tersebut, ialah untuk kepentingan di masa depannya (future).

Mari kita tengok perbedaannya:

1) Reksadana
Reksadana ini ialah investasi yg mempunyai tujuan tabungan. Jadi selain anda menabung, dana itu diinvestasikan secara berkala. Solusi terbaik bagi yg ingin berinvestasi untuk jangka masa panjang dan secara aman. Apalagi yg membuat reksadana ini menarik ialah anda dapat bergabung dengan duit yg minim serendah rendahnya 250ribu. Dalam investasi reksadana, dana kita dikelolah oleh perusahaan investasi profesional sehingga sangat memudahkan kita tanpa ribet ribet ambil pusing dalam urusan teknis dan lain lainnya. Terdapat 4 jenis reksadana antara lain: Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham. Adapun dalam menentukan pilihan, sebaiknya anda melihat dulu prospek dari tipe tipe reksa dana yg tersedia. Dimulai dari Porfolionya, kenerja, pandangan manager, perbandingan prestasi dan biaya transaksi yg diliputinya. Cara perhitungan profit reksadana sbb: Tanggal 1 Jan 2013 anda membeli reksadana A sebesar Rp. 1juta dengan harga Rp. 1000/ unit berarti disini anda pegang 1000unit (1juta dibagi Rp.1000) . Kemudian pada tgl 1 Jan 2015 , harga perunit ialah Rp. 2000 artinya disini total dana anda sudah menjadi 1000unit x Rp.1500 = Rp. 1,5juta (untung 50%). Yg perlu diperhatikan dalam investasi reksadana ialah, minimal investasi setidaknya ialah 3tahun agar dapat menikmati imbalan yg lebih baiknya. Tentunya juga reksadana ini ada resikonya terutamanya reksadana tipe resiko tinggi dengan potensi return tinggi (reksadana saham), untuk itu carilah Manajemen Investasi yang terpercaya.


2) Unit Link
Berhubungan unit link sudah pernah saya posting di blog kemarin dulunya http://www.oneyesoneno.com/2015/03/unit-link-itu-maksudnya-apa.html  . Jenis investasi Unit link ini menawarkan manfaat yg lebih komplit dari yg lainnya karna ia meliputi asuransi kesehatan, (Investasi + Tabungan + Asuransi) . Dengan memiliki polis asuransi unit link, anda mendapat manfaat pelindungan asuransi yg melindungi anda dari segi finansial sekiranya anda ditimpa musibah. Jika kita bandingkan perkembangan bunga (profit investasi) asuransi unit link dengan reksadana maka lebih besar pulangannya jika anda ikut di ReksaDana. Seperti contoh sy ikutan asuransi Panin Daichi Life yg lumayan booming saat ini dgn paket unit link yg lebih difokuskan ke investasi, bayar 1juta tiap bulan selama 5tahun (60juta) , disamping mendapat proteksi asuransi sehingga umur 70an tahun, dana tabungan tersebut dapat saya tarik pada tahun ke-8 dengan pulangan sekitar 90an juta (jika anggaran investasinya meningkat sedang)



3)  Deposito
Deposito itu berbeda dengan tabungan. Jadi jgn salah ya! Tabungan di Bank bisa kita tarik kapan saja, namun deposito di Bank itu tidak bisa tarik sesuka hati kita. Deposito ialah simapangan yg berjangka waktu, ia dirancang dengan waktu, ada yg 1bulan, 3bulan, 6 bulan bahkan 12bulan. Contohnya anda depositu duit 3 bulan maka anda tidak dapat menarik duit tersebut sebelum waktu 3bulan dicapai. Jika anda menariknya maka anda akan dikenakan denda yg gede. Sudah tentunya disini, bank meletakan bunga yg lebih tinggi di deposito berbanding tabungan. Contoh saja, misalkan di BCA max bunga tabungan ialah 2,05% sedangkan bunga deposito rupiah di BCA 1 bulan bisa 7,5%. Meskipun disini bunga deposito di Bank lebih tinggi berbanding dengan bunga tabungan di Bank, namun bukan berarti bunga deposito lebih tinggi berbanding dengan investasi lainnya. Seterusnya untuk mendapatkan bunga deposito anda diharusnya deposito dana saldo dalam jumlah yg besar sesuai dengan ketentuan dan prasyaratan bank masing masing. 


Berdasarkan rangkuman secara garis besarnya perbandingan ketiga ketiga jenis investasi finansial diatas maka adapun kelebihan dan kelemahannya, anda sendiri lah yg menentukannya. Untuk itu sebagai penutup dan sekali lagi, jika anda ingin investasi masa jangka panjang, tanpa ribet mengelolanya, maka 3 pilihan tersebut layak dipertimbangkan. 


Sekian dulu. Salam YesNo


Referensi: google

Post a Comment

[Notice] Silakan menggunakan opsi "Name/ Url/ Login ke Google Account dahulu" untuk berkomentar. Jika sesebuah artikel sudah melebihi kapasitas kometar, maka Klik javescript "Muat Yang Lain..." untuk menampilkan keseluruhan komentar. [Terimakasih]

[blogger][facebook]

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget