Memahami Proof Of Stakenya Ethereum | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia


-------

Memahami Proof Of Stakenya Ethereum

Kenapa penting untuk mengetahui apa yg dimaksud dengan Proof of Stake Ethereum? Alasannya karna kedepannya Ethereum akan beralih dari Proof-of-Work ke Proof-of-Stake. Mungkin istilah Proof of Stake ini masih terdengar asing, ok... jadi Proof of Stake (PoS) ialah sebuah metode dimana semua pelaku network blockchain mencapai kesepakatan persetujuan distribusi. Sedangkan Proof of Work (PoW) pula ialah salah satu metode yg dilakukan oleh para pengguna utk menghash-ing algoritma dengan tujuan mengvalidasikan transaksi elektonik.



Pada saat ini Ethereum mengamalkan sistem PoW makanya saat ini, kita dapat melihat dimana mana para miner mencoba menambang Ethereum dengan memanfaatkan kekuatan komputernya GPU. Namun begitu, ketika satu saat nanti, apabila Ethereum sudah beralih ke PoS, maka tidak ada lagi hardware2 komputer yg dapat digunakan untuk menambang Ethereum.  Dalam arti kata lain, Ethereum sudah tidak dapat lagi ditambang menggunakan hardware seperti halnya yg kita lakukan saat ini.



Proof of Stake (PoS) terus menerus menjadi salah satu diskusi yg paling kontroversional dan rumit dalam dunia cryptocurrency. Dan hakikatnya, PoS mempunyai banyak benefit yg menguntungkan seperti: lebih efisien, ramah lingkungan, sekuritas yg tinggi dan sebagai bukti bahwa tidak ada "pemain curang" yg mengaut keuntungan secara terselubung. 


Pasti ramai yg akan bertanya, jika di PoW kita menambang memanfaatkan hardwarenya GPU, jadi kalau di PoS, bagaimana cara kita menambang Ethereum? Casper ialah sebuah protokol PoS-nya Ethereum, dimana pada fase PoS nantinya, nilai hasil dari pertambangan Ethereum akan ditentukan dari seberapa jumlah security deposit (Ethereum) yg berani dipertaruhkan (stake). Ide utama dari PoS ini ialah sederhana, yaitu dalam permainan ekonomi ini, para miner akan bertaruh pada validasi block seterusnya. Jika kita bertaruh pada block yg mendapatkan kesepakatan persetujuan diujungnya, maka kita akan mendapatkan rewards Ethereum, dan sebaliknya jika kita bertaruh melawan kesepakatan persetujuan yg terjadi pada ujungnya, maka kita akan kehilangan taruhannya.


Sama seperti mata uang digital yg lainnya berbasis blockchain, tetap akan ada kemungkinan terjadinya serangan ke dalam network dan ini merupakan kelemahan utamanya PoW. Maka itu, inilah tujuannya kenapa Ethereum akan beralih dari PoW ke PoS. Tidak cuma sampai disini saja karna Casper bukan hanya sebuah sekuritas protokolnya Ethereum, tapi juga dirancang dengan sederhana untuk memberikan suasana pengalaman yg positif bagi para developer dan pengguna Dapp. Beberapa fitur menarik lainnya dari Casper itu sendiri ialah, semua orang dapat berpartisipasi, persetujuan dapat dicapai dalam durasi waktu yg ditetapkan dan ia ialah politik yg bebas. 



Para Founder Ethereum Adapun melihat Casper sebagai penunjang keberlangsungan Ethereum untuk jangka masa panjang. Ini disebabkan oleh karna cepat atau lambat, ukuran (size) DAG files akan terus meningkat seiring waktu berjalan dan apabila itu terjadi, maka hampir rata rata kartu vga tidak akan dapat lagi mendukungnya. Jika PoS diimplementasikan dengan benar maka kita tidak perlu lagi memboroskan tenaga listrik dan bumi akan tetap hijau. Disamping itu, tergantung dengan ketepatan alogartimanya, ia berpotensi mempercepatkan lagi kinerja blockchain. Dan akhirnya permasalahan skalabilitas yg masih tidak terpecahkan oleh mata uang digital lainnya pun, akhirnya dapat dituntaskan dengan lebih mudah dengan adanya PoS


Jadi pesoalan seterusnya kapan PoS akan mulai diimplementasikan? Sayangnya semua orang pun tidak tau kapan karna Casper masih dalam tahap developement. Saat ini Ethereum berada di fase HomeStead. Masih ada dua lagi proses yg harus mereka lalui, yakni Metropolis dan Serenity. PoS pula akan mulai diluncurkan pada proses terakhirnya Ethereum: "Serenity". Menurut informasi dari salah satu founder Ethereum sendiri "Vitalik Buterin", kemungkinan besar PoS ini akan terjadi di akhir tahun 2016 atau di awal tahun 2017.



Yopss.. Sekian aja dulu, Salam YesNo!

Post a Comment

[Notice] Silakan menggunakan opsi "Name/ Url/ Login ke Google Account dahulu" untuk berkomentar. Jika sesebuah artikel sudah melebihi kapasitas kometar, maka Klik javescript "Muat Yang Lain..." untuk menampilkan keseluruhan komentar. [Terimakasih]

[blogger][facebook]

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget