Perbedaan Steemit Dengan Facebook dan BitCoin? (Bongkar Habis) | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia


-------

Perbedaan Steemit Dengan Facebook dan BitCoin? (Bongkar Habis)

Yops... saatnya steemit! Hoyaa!! Jika anda ada mengikuti artikel sebelum tentang Steemit maka kita sudah tau bahwa Steemit ialah sebuah inovasi sosial media yg baru. Namun begitu apa sih yg membedakan antara Steemit dengan media sosial lainnya spt: Facebook? dan apakah ada persamaan atau perbedaan antara Steemit dengan BitCoin?


Pertama tama, Steemit ialah sosial media yg berjalan pada teknologi blockchain, sama halnya kayak BitCoin dan Ethereum. Tiga peran utama blockchain ialah transparansi, desentralisasi dan mempunyai nilai unit token cryptocurrency. Facebook tidak berjalan pada teknologi blockhain, sehingga ia bersifat sentralisasi, dimana ia mempunyai owner yg memiliki situsnya dan mengatur sebagaimana ia bekerja.

Sedangkan Steemit yg bersifat desentralisasi ini tidak mempunyai owner. Begitu juga dengan semua akses private key, posting key, reward key dan owner key, cuma diketahui oleh pemiliknya aja. Jadi ketika kita mendaftar di Steemit, password kepada akun yg baru kita registerkan itu ialah milik kita sendiri dan tidak dapat direset kembali oleh sesiapapun dalam dunia ini. Untuk itu jika anda lupa password anda, tidak ada sesiapun yg dapat mendapatkannya kembali.


Selain dari itu, apa yg sedang berlangsung pada sistem Steemit ialah transparan, sehingga segala aktivitas yg terjadi dalam platform steemit dapat dipantau oleh penggunanya diatas blockchain. Berbeda dengan Facebook dimana ada beberapa aspek yg tidak dapat dijangkau oleh penggunanya.

Mungkin kita akan mulai tertanya tanya bagaimana platform steemit ini dapat mengkontrol evolusi teknologinya. Sebenarnya teknologi blockchain yg diimplementasikan oleh Steemit ialah sama seperti BitShares, dimana setiap pengguna mempunyai kunci (key) yg dapat menentukan (voting) apa yg akan terjadi pada sistemnya (proposal, worker dan witnesses)

Berbicara lebih mendalam tentang bagaimana sistem rewards steemit, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa situs Steemit bekerja seibaratnya web wallet: sebuah dompet yg menyimpan rewards para penggunanya. Ketika kita memposting, voting, berkomentar atau bertrading ia berinteraksi secara terbuka pada blockchain Steemit. Jadi situs steemit ialah sebenarnya cumalah sekedar sebuah interface website.


Apabila seseorang mulai memposting sesuatu konten pada situs steemit dan mendapat rewards, kita mungkin akan mulai bertanya bagaimana blockchain steemit yg tidak mempunyai owner ini dapat menentukan siapa yg akan mendapatkan rewards? Jawabannya ialah... berdasarkan kualitas upvote dari para pembacanya. Jika kita memposting sesuatu yg berkualitas di Facebook, mungkin kita akan mendapatkan komentar yg positif dan likes, tapi kita tidak mendapatkan rewards moneter (uang). Sedangkan di Steemit, kita mendapatkan rewards atas konten yg kita postingkan dalam nilai unit Steem Dollar dan Steem Power.

Steemit ialah sistem yg sangat menarik karna kedua dua pihak yg memposting konten dan yg memberikan vote atas konten tersebut akan mendapat rewards atas usahanya. Untuk itu tidak semestinya anda harus menulis konten konten yg bertaraf dunia utk mendapat rewards, tp dengan sekedar mencari konten konten baru yg anda rasa berpotensi besar lalu kemudian voting pada konten tersebut maka ia juga dapat menjana rewards utk anda. Semakin cepat kita vote pada konten yg berpotensi besar, maka semakin cepat kita menjana nilai rewards dari konten tersebut. Kalau tidak salah pembagian hasil 50-50 antara penulis konten dan orang yg mengvoting.


Sekarang timbul lagi pertanyaan baru yg mungkin akan bikin anda berpikir dari mana duit ini datang? Bagaimana Steemit dapat memberikan rewards kepada penulis, voters dan para miner yg menjaga kestabilan fungsi network ini? Nah.. jadi konsep kerja semua ini bekerja ialah sama sepertinya kayak BitCoin. Seperti yg kita ketahui... BitCoin membayar para miner melalui subsidi yg dihasilkan melalui penciptaan BitCoin baru yg pada dasarnya tidak bersumber dari manapun, sama kayak sesebuah perusahaan mengissues saham baru utk mendanai sesuatu proyek. Dikarenakan BitCoin melakukan hal yg sama seperti itu, maka Steemit juga turut terinspirasi dengan konsep tersebut utk membayar konten konten yg diposting oleh seseorang dan juga kepada para2 pendukungnya.

Dikarenakan Steemit merupakan blockchain yg berdasarkan konsep sosial media maka akan ada beberapa fitur  pada Blockchain Steemit yg membedakannya dengan Bitcoin. Salah satu fiturnya ialah Steem Dollar. Tujuan adanya steem dollar ialah karna... kebanyakan sumber pengguna yg mendaftar di Steemit datang dari background (latar belakang) yg tidak mengenal cryptocurrency. Dan tentu saja, mereka ini mau direwardkan dalam mata uang dollar. Mereka tidak mau berspekulasi dalam naik turunnya nilai asset cryptocurrency, maka untuk itu steem dollar hadir sebagai nilai unit yg mempunyai nilai yg setara dengan dollar. 


Hal lain yg menjadikan teknologi Steemit ini unik ialah ia mempunyai kemampuan untuk menghadapi transaksi yg berskala besar dan cepat (3 detik transaksi per block). Ketika seseorang menciptakan platform media sosial, ia memerlukan sebuah internal network yg berkapasitas besar dan steemit mempunyai kapasitas yg sebegitu besar yg bahkan lebih unggul dari Reddit. Sesuatu yg lebih penting lagi berhubungan dengan teknologi Steemit ialah segala transaksi yg terjadi pada blockchain steemit ialah gratis.

Jika BitCoin menerapkan konsep alogritma proof of work bersifat objektif, maka Steemit menerapkan konsep alogritma proof of work yg bersifat subjektif. Dalam konsep rewarding Bitcoin, para miner harus membayar energi (listrik+hardware) utk menambang BitCoin.. sedangkan di Steemit, setiap postingan artikel dan interaksi artikel-lah yang menghasilkan rewards bagi para penggunanya. Apa yg terjadi secara tidak langsung dalam hal ini ialah ia akan menimbul efek networking yg akan menarik perhatian para netizen di seluruh dunia. Bayangkan segala topik berkualitas yg dipostingkan setiap saat pada situs Steemit akan terus memadati pencarian google yg kemudiannya utk jangka masa panjang akan meningkatkan lagi nilai platform Steemit itu sendiri.


Yops... akhir kata... tidak ada alasan bagi para netizen tidak kira siapapun anda untuk tidak bergabung dalam Platform Steemit yg tidak memerlukan modal sedikit pun. Ane berkata demikian disebabkan oleh karna apapun usaha yg anda curahkan dalam platform media sosial Steemit, sy percaya akan membuahkan hasil kelaknya.


Sekian aja dulu. Salam YesNo!

Post a Comment

Situs yang paling bagus untuk mengumpulkan bitcoin gratis yang mana ya.. Tertarik bgt ama rate bitcoin yang trus melambung..

udah lama gak memantau gan berhubungan dengan hal ini... mungkin bisa ikut nimbrung di grup telegram kita.. disana barangkali ada info yg agan butuhkan - cryptoindo.com

[Notice] Silakan menggunakan opsi "Name/ Url/ Login ke Google Account dahulu" untuk berkomentar. Jika sesebuah artikel sudah melebihi kapasitas kometar, maka Klik javescript "Muat Yang Lain..." untuk menampilkan keseluruhan komentar. [Terimakasih]

[blogger][facebook]

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget