Insentif dan Sekuritas POS Ethereum Part 3 | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia


-------

Insentif dan Sekuritas POS Ethereum Part 3

Aloha kawan kawan semua... berlanjut lagi artikel hari ini dari sambungan artikel kemarin yang mengulas lebih dalam tentang insentif dan sekuritas POS Ethereum. Jadi dalam Part 3 ini akan lebih fokus mengulas tentang beberapa protokol ekonomi dalam Sistem Proof of Stakenya Ethereum. Dan persoalan pertama ialah: "Siapa yg membayarnya ?"

Yops.. dalam sistem tradisional sebagaimana apa yg dilakukan oleh Bitcoin ataupun crypto lain yg mengamalkan algoritma Proof of Work ialah, fee transaksi digunakan untuk membayar sekuritasnya. Saat ini di Bitcoin, kita mempunyai Block Rewards 12.5BTC/ block dan kemudian block rewardsnya akan semakin berkurang dari waktu ke waktu hingga ke nol. Sesuai dengan apa yg telah ditulis dalam Whitepapernya Satoshi bahwa, setelah block rewardsnya sudah nol, orang orang yg menggunakan sistemnya harus membayar fee transaksi kepada para miner supaya transaksi mereka akan dimasukkan kedalam block untuk diproses. Jadi fees transaksi itulah yg akan menjadi insentif untuk para miner untuk terus mengvalidasikan transaksi. Nah... jadi kalau kita perhatikan.. kita akan menyadari bahwa rewards mining (cth: 12.5BTC) cuma bersifat sementara saja yg berfungsi untuk mendistribusikan coinnya dan melindungi sistemnya saat ia masih muda dan lemah.

Disini Vitalik Buterin menganggap sistem seperti yg disebutkan diatas tadi ialah tidak bagus, alasannya ialah sekuritasnya tidak cukup mapan karna ada potensi serangan "Maginot-Line" dapat terjadi. Dia sudah melakukan kalkulasi dan hasilnya ialah, dengan dana sebesar 150juta dollar, seseorang dapat menciptakan mining farm dia sendiri yg menguasai 51% dari total hashrate Bitcoin dan kemudian menyerangnya terus menerus. Nah... kemudian kalau kita berasumsi Bitcoin sudah berahli ke sistem pembayaran transasksi fees untuk menjamin sekuritasnya, maka tetap saja fee transaksi yg dikumpulkan dalam sebuah block masih tidak dapat menjamin sekuritas transaksi - transaksi yg bernominal besar. Terkecuali.... fee transaksinya dinaikkan kepada beberapa x lipat, atau bermain main dengan supply dan demandnya untuk meningkatkan sekuritas sistemnya. Namun begitu... sebenarnya sistem seperti itu justru akan membawa dampak yg negatif pada sisi ekonominya karna ia akan memaksa orang orang untuk meninggalkannya sistemnya.


Berhubungan dengan Proof Of Stake Ethereum pula, ia dapat menghadirkan fees yg lebih murah untuk sekuritas yg maksimal dan juga dilengkapi dengan mekanisme recovery jika sesuatu yg buruk terjadi. Contohnya... jika ada seseorang melakukan serangan Maginot-Line ke dalam Proof of Stake Ethereum, maka Ethereum ada sebuah pertahanan terakhirnya yaitu "hardfork saja" attacker tersebut dan hapus mereka dari sistem. Ini memang terdengar sedikit kejam... tapi harus diakui bahwa ini ialah solusi yg paling hemat kos biaya utk menghadapi attacker dan apabila ia sudah dilakukan sekali, maka pada masa hadapannya tidak ada orang lagi yg berani mengulanginya lagi. Namun demikian, dengan fee transaksi yg kecil, para attacker ini tetap harus berpikir dua kali sebelum melakukan serangan karna ia tidak akan poin bagi mereka meresikokan sesuatu yg besar demi hasil yg sedikit.

Mekanisme Proof Of Stake ini sebenarnya ada beberapa hal yg menjadi kerisauan para tim dev Ethereum. Salah satunya ialah "Menambang atau Mencuri ?". Jika sesebuah crypto yg bergantung dengan model transaction fee sebagai rewards miningnya maka ada dua opsi pilihan yg tersedia. Pertama... jika sesebuah block mengandungi transaksi yg besar, para miner dapat memilih untuk menambang block tersebut atau Kedua... menciptakan sister block untuk mencuri transaction feenya. Permasalahan seterusnya ialah "Selfish Mining", dimana sy juga kurang jelas apa yg dimaksudkan dengan selfish mining, tp yg sy ketahui ialah selfish mining lebih besar potensinya dapat terjadi pada model yg hanya mengandalkan transaksi fee sebagai insentifnya.

Jadi untuk menghadapi isu isu diatas, Ethereum mempunyai solusi yg terdengar cukup menarik iaitu "Transaction Fee Burning". Nah... dalam sistem model tradisional saat ini, ada dua hal yg biasa dipertanyakan orang, bagaimana sistem membayar sekuritasnya, yakni: berapa sih block rewardsnya? dan berapa fees nya? Tapi sebenarnya ada hal ketiga yg tidak ramai orang sadari iaitu transaksi fee tidak perlu langsung dibayarkan ke para miner, melainkan ia dapat dibakar terlebih dahulu. Nah... transaction fees yg dibakar ini dapat digunakan untuk membayar para miner atau validator untuk satu tempoh waktu lama yg sudah dijadwalkan. 

Untuk mengeksekusi sistem ini, maka dapat diterapkan semacam fees mandatory untuk protokol berdasarkan rata rata transaction fees yg terlibat. Jadi contohnya: sesebuah block transaction fees ialah 10ether sedangkan mandatory feesnya ialah 6ether, maka extra 4ether tersebut akan diagihkan kepada para miner sebagai rewards, sedangkan 6ether itu pula akan diberikan kepada protokol untuk dibakar. Fees yg dibakar oleh protokol ini, dapat dimanfaatkan untuk melakukan banyak hal yg bermanfaat contohnya: dapat digunakan untuk membayar "Block Rewards" atau untuk menghindari inflasi dengan cara mengurangi total supplynya Ethereum dllnya ataupun juga dapat di-DAO kan.


Pendekatan lain yg menarik ialah, ia dapat membakar kelas fees yg spesifik, dimana salah satu contohnya ialah storage fees. Jika sesebuah protokol hendak mengenakan fees untuk menciptakan akun baru, kontrak baru atau apapun itu, maka semua fees yg ada hubungannya dengan bandwidth atau tenaga komputasi harus disalurkan kepada para miners karna mereka ialah para validatornya. Sedangkan fees yg tidak berhubungan dengan itu, akan dibakar. 

Yops.... gimana? menarik kah? Oho.. lanjut lagi pembahasan Insenti dan Sekuritas POS Ethereum di Part 4 pada artikel yg berikutnya dikemudian hari. Sekian dulu utk hari ini.

Salam YesNo!


We greatly appreciate the support of our sponsors listed below:



http://www.oneyesoneno.com/2015/01/berbisnis-travel-dan-cargo-ter-dasyat.html

http://www.oneyesoneno.com/2016/09/gainbitcoin-meraih-pasif-income-via-cloud-mining.html
Reaksi:

Post a Comment

Invest in Ethereum on eToro the World’s Best Social Trading Network!!!

Join 1,000,000's who have already found smarter methods for investing in Ethereum...

Learn from experienced eToro traders or copy their trades automatically!

[Notice] Silakan menggunakan opsi "Name/ Url/ Login ke Google Account dahulu" untuk berkomentar. Jika sesebuah artikel sudah melebihi kapasitas kometar, maka Klik javescript "Muat Yang Lain..." untuk menampilkan keseluruhan komentar. [Terimakasih]

[blogger][facebook]

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget