Memahami Polkadot dan Parachain (Ethcore) | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia


-------

Memahami Polkadot dan Parachain (Ethcore)

Mempelajari apa itu Polkadot dan parachain yang dikembangkan oleh tim EthCore Parity. Selain itu apa fungsi Token DOT dalam network Polkadot?

Yops... ane mengenal nama "Polkadot" lebih kurangnya sejak 3 bulan yang lalu pada tahun 2016. Pada saat itu, ia mendapat perhatian yang kuat dikalangan komunitas Ethereum. Konsep yang memperkenalkan parachains tersebut dituliskan secara mendalam pada dokumentasi Parity Polkadot. Tentu saja sangat tidak mudah untuk seseorang yang memiliki pengetahuan yang dibawah rata rata seputar teknologi blockchain (termasuk saya sendiri) untuk memahami apa yang dituliskan dalam kertas dokumentasi tersebut. Untuk itu, artikel ini ditulis dengan sesimple mungkin, supaya kita dapat sama sama mendalami apa yang itu polkadot dan apa yang dimasudkan dengan parachain.

Pertama tama, kita dapat memprediksikan bahwa di masa hadapan, network blockchain yang terdiri dari berbagai macam aneka bentuk spesifikasi akan terus meningkat. Contohnya apa yang sudah ada saat ini yaitu: arsitektur web 3.0, konsorsium private ledger, zero knowledge proof chains dan banyak lagi lain lainnya dengan aplikasi masing masing yang berjalan diatasnya. Disitu kita dapat memerhatikan bahwa tidak ada satu "Chain" yang menguasai keseluruhannya, karna dunia keanekaragaman tersebut merupakan individual chains yang melayani kasus penggunaan spesifik saja.  

Tanpa adanya API Blockchain pihak ketiga, maka sesebuah blockchain cuma dapat mengirim data dan asset sesama network dia sendiri doang. Ini mengingatkan saya kepada persoalan dari salah satu pembaca blog ini, "Apakah crypto steem bisa dikirim ke address bitcoin?" Jawabannya ialah tidak bisa karna masing masing berjalan pada blockchainnya sendiri sendiri. Jadi solusi sementara yang ada ialah, kita harus mengandalkan platform exchanger yg bersifat sentral untuk melaksanakan mekanisme pertukaran nilai pada dua network yang berbeda tersebut. Adapun sistem smart contract seperti "BTC Relay" menyediakan solusi yang inovatif untuk menghubungkan komunikasi dari BTC kepada blockchain Ethereum, namun begitu komunikasi tersebut cumalah bersifat 1 arah saja. Nah... disinilah parachain akan memainkan perannya untuk membenarkan komunikasi antar multi blockchains.


Sepanjang 8 tahun ini, kita dapat melihat berbagai jenis blockchains dengan spesifikasi mereka yang unik. Dimulai dari Bitcoin yang menjadi pencetus kepada pentransaksian dan akuntasi yang terpercaya. Lalu, Ethereum pula memperkenalkan komputer dunia berdesentralisasi. Sedangkan saat ini, Polkadot akan menjadi internetnya blockchains (inter-chain). 

Polkadot ialah mekanisme relay yang menfasilitaskan otentikasi transaksi dari satu blockchain kepada blockchain yang lain. Ide utamanya ialah memparalelkan chains yang hendak bergabung kedalam Polkadot dan kemudiannya menciptakan parachains. Dokumentasi Vitalik R3 memberikan kita gambaran yang jelas berhubungan informasi paralelsasi relay dan interoperabilitas. Pada lapisan dasarnya, sebuah relay chain akan menkoordinat kesepakatan suara (konsensus) dan pengiriman transaksi sesama anggota chains. Nah... relay chain ini terhubung kepada semua parachains, dimana ia serupa dengan konsep Shardingnya Ethereum. Selain dari itu, relay chain ini juga akan menfasilitaskan finalisasi transaksi. Konsep mekanisme ini dianggap penting karna tidak mungkin kita dapat memindahkan pesan dari satu chain kepada chain yang lain tanpa mencapai finalitas. Dikarenakan Parachains dirancang sebagai elemen yang dapat dimasukkan kepada relay chain sebagai validasi struktur data global, maka ia menyediakan sekuritas yang sama rata kepada semua anggotanya, tanpa mengenal protokol apa yang mereka gunakan. Selain dari itu, ia juga menyediakan transaksi yang terpercaya sesama anggota chainsnya. 

Konsensus (kesepakatan suara) pada Polkadot dijalankan melalui mekanisme Proof of Stake yang mengutilitaskan token network yang disebut dengan DOT. Para pemilik token DOT dapat membenarkan pemiliknya untuk berperan sebagai validator dan berpartisipasi dalam mekanisme konsensus tersebut. Token DOT juga menyediakan pemegang token sebuah suara untuk menambahkan, membuang atau memodifikasi parachains yag sudah ada dan turut dapat terlibat dalam mekanisme pemerintahannya yang menyerupai struktur politikal yang sudah ada di dunia saat ini. Didalam Dokumen Polkadot, ia mendefinisikan 3 network cryptoekonomi yang diperuntukkan supaya protokolnya dapat beroperasi, antara lain:
  • Validator - Bertugas untuk menverifikasikan dan menfinalisasikan kandidat parachain kedalam blocks dan menerima token rewards.
  • Collators - Bertugas mengumpulkan transaksi parachain menjadi kandidat block Proof of Validity dan menerima fee transaksi.
  • Fisherman - Bertugas memonitor seluruh networknya untuk memastikan bahwa tidak ada kecurangan dan menerima sebagian "taruhan" jika berhasil menangkap orang yang coba berbuat curang/ jahat.

Polkadot sedang memulai penelitian penting yang bersangkutan dengan inter-chain. Proyek ini akan menghadirkan signifikan perbaikan pada sisi skalabilitas dengan cara menparalelkan transaksi yang berjalan dalam networknya. Semua ini akan menghadirkan benefit kepada aplikasi dan ekosistem diseluruh chain yang sudah ada, tidak mengira ia ialah publik maupun private chain.

Mungkin anda akan bertanya kapan Polkadot yang diasaskan oleh Dr Gavin Wood dari tim Ethcore Parity Ethereum, akan memulai crowdfunding? Ane cuma bisa katakan stay tuned aja untuk informasi yang berikutnya, AHA!!


Salam YesNo!

Post a Comment

Invest in Ethereum on eToro the World's Best Social Trading Network!

Join millions who have already discovered smarter methods for investing in Ethereum...

Learn from established eToro traders or copy their positions automatically.

[Notice] Silakan menggunakan opsi "Name/ Url/ Login ke Google Account dahulu" untuk berkomentar. Jika sesebuah artikel sudah melebihi kapasitas kometar, maka Klik javescript "Muat Yang Lain..." untuk menampilkan keseluruhan komentar. [Terimakasih]

[blogger][facebook]

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget