Apa Itu ENS (Ethereum Name Service) | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia

Apa Itu ENS (Ethereum Name Service)

Apa yang dimaksudkan dengan ENS (Ethereum Name Service). Bagaimana panduan caranya mengikuti lelang ENS? Apa fungsi dan manfaatnya memiliki ENS?

Yops... hari ini tanggal 14 Maret 2017, ENS (Ethereum Name Service) sudah live pada mainnetnnya Ethereum. Jadi fungsi ENS ini sebenarnya ialah untuk menyediakan sebuah patah perkataan yang dapat dimengerti/ dibaca oleh manusia, dimana ia mempresentasikan resources didalam ataupun diluar Blockchain Ethereum. Seperti yang kita ketahui bahwanya address wallet cryptocurrency ialah merupakan serangkaian karakter hexadecimal yang rumit dan hampir mustahil untuk dihapal/ dibaca. Dengan hadirnya ENS ini, maka kita dapat mentransformasikan address wallet yg rumit itu kepada bahasa yang dapat dipahami oleh orang contohnya: budianto.eth

Selain dari itu... ENS beroperasi dengan mengamalkan model distribusi pada kedua dua infrastruktur dan pemerintahannya. Sesiapapun berpeluang untuk mendaftarkan nama domain .eth untuk dirinya sendiri dengan mengikuti proses pelelangan yang berlangsung secara real time diatas blockchain Ethereum. Dikarenakan ENS berjalan berlandaskan teknologi smart contract, maka ia tidak akan menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh sistem DNS, karna nama domain ens akan berfungsi sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pemiliknya.

Pelelangan ENS berlangsung pada 3 fase, yakni:
  • Auction - berlangsung selama 3 hari dimana pada waktu itu bids haruslah diajukan
  • Reveal - berlangsung selama 2 hari dimana anda harus menunjukkan parameter bid anda, jika tidak maka dana bid anda dibakar (alias lenyap)
  • Finalization - bidder tertinggi dapat mengirimkan transaksi yang menjadikan dirinya sebagai pemiliknya. Apabila tidak ada bids yang ditunjukkan maka nama tersebut akan tersedia kembali untuk dilelang.
Perlu diketahui juga bahwanya tidak ada pelelangan yang akan berakhir dibawah 4 minggu saat ia bermula, karna fase awal tersebut memberikan kesempatan kepada orang orang untuk meletakkan bids. Sedangkan untuk minimal bid ialah 0.01ether dan apabila sesudah 1 tahun berakhir, maka nama ens akan dilelang kembali dan anda akan mendapat kembali deposit bid anda. Sedangkan pada sisi lainnya, bagi para kompetitor yang kalah saing bid dengan anda, maka ether mereka akan dikembalikan dengan potongan 0.05%. Cukup menarik karna nama domain yang anda miliki dapat digunakan untuk menciptakan subdomains yang ditujukan kepada wallet wallet seperti contoh: domain.subdomain.eth

Mungkin kita akan bertanya, apakah ENS ini akan menciptakan kasus penggunaan dalam blockchain Ethereum? Jadi...  persoalan tersebut sebenarnya masih sangat awal untuk dijawab karna ia masih baru. Namun demikian, kita dapat berimaginasi bahwa dengan kehadiran ENS, tentunya ini akan menciptakan kelakukan sistem yang lebih fleksible. Selain dari itu... dengan sebuah nama address yang dapat dibaca oleh manusia, maka ini akan mengelakkan terjadinya kebingungan dan menghindari resiko phising dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulannya, menurut sy secara personal.. sangat besar potensi ENS yang dapat kita kembangkan dari sini, terlebih lebih lagi, hadirnya beberapa orang pintar yang akan coba mengaut keuntungan besar melalui ENS. Saya rasa cuma waktu saja yang akan menunjukkan semua itu. Yops... sekian aja dulu informasinya untuk hari ini. Semoga Bermanfaat!


Salam YesNo!
Reaksi:

Post a Comment

Invest in Ethereum on eToro the World’s #1 Social Trading Network...

Join millions who have already discovered smarter methods for investing in Ethereum...

Learn from profitable eToro traders or copy their trades automatically

[Notice] Silakan menggunakan opsi "Name/ Url/ Login ke Google Account dahulu" untuk berkomentar. Jika sesebuah artikel sudah melebihi kapasitas kometar, maka Klik javescript "Muat Yang Lain..." untuk menampilkan keseluruhan komentar. [Terimakasih]

[blogger][facebook]

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget