Apakah Bitcoin Akan Terpecah Jadi Dua? | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia

Apakah Bitcoin Akan Terpecah Jadi Dua?

Apakah Bitcoin akan berpecah kepada Bitcoin Core dan Bitcoin Unlimited? Bitfinex sudah memulai perdagangan BCC dan BCU. Bagaimana pendapat pakar crypto?

Yuhaaa... kawan kawan semua! Dalam artikel hari ini ane akan membahas seputar Bitcoin yg sedang heboh dibicarakan saat ini. Seperti yang kita ketahui bahwanya perdebatan terhadap isu skalabilitas Bitcoin sampai hari ini masih belum mencapai suara kesepakatan. Pertentangan antara Bitcoin Core yang menyusulkan softfork segwit dengan Bitcoin Unlimited yang menyusulkan hardfork size block pun menjadi semakin tegang. 


Screenshot diatas menunjukkan status pendukungan proposal Bitcoin Unlimited (34.3%) dan Segwit (26.8%). Untuk saat ini, pendukungan terhadap Bitcoin Unlimited masih lebih dominan daripada Segwit, meskipun ia sempat anjlok dari 43.1% menjadi 34.3% dikarenakan teridentifikasi bug pada kode Bitcoin Unlimited beberapa hari yang lalu. Dan untuk menentukan siapa pemenang dari pendukungan proposal tersebut... salah satu diantara mereka wajib mencapai nilai minimal 90%.

Perkataan Fork dalam istilah "Bitcoin HardFork" dapat membawa maksud kepada perpecahan network Bitcoin menjadi dua jenis blockchain yang berbeda. Berhubungan dengan ini, lebih dari 20 platform exchangers telah pun merilis perencanaan kontigensi untuk menghadapi perpecahan network Bitcoin di masa hadapan. Jika perpecahan tersebut benar benar terjadi, maka para exchanger akan menganggap Bitcoin Unlimited (BU) sebagai alternatif cryptocurrency. Disini Bitfinex menjadi exchanger pertama yang memperkenalkan kontrak Chain Split Token (CST), dimana ia membenarkan trading antara BCC (Bitcoin Core) dan BCU (Bitcoin Unlimited) kepada USD/ BTC, sebelum hardfork belum terjadi. Jadi... jika anda mempunyai 1 Bitcoin di Bitfinex, maka ia dapat anda tukarkan kepada 1 BCC (Bitcoin Core) dan 1 BCU (Bitcoin Unlimited) melalui kontrak CST yang sudah dipersiapkan. 

Apabila benar benar terjadi split di masa hadapan, maka BCU dan BCC akan dikreditkan kedalam wallet anda. Akan tetapi jika hardfork masih belum terjadi sebelum tanggal 31 Desember 2017, maka BCU (Bitcoin Unlimited) yang anda miliki akan menjadi tidak bernilai dan BTC akan dikreditkan kepada pemegang BCC (Bitcoin Core). Melalui gambar dibawah ini kita dapat melihat nilai BCU (Bitcoin Unlimited) sedang dihargai $899, dan BCU pula $255.


Berhubungan dengan platform exchanger lainnya pula seperti Poloniex, Kraken, Coinbase, Bitstamp, BTCC dllnya, juga membuat keputusan akan menglistingkan Bitcoin Unlimited sebagai alternatif crytocurrency sekiranya perpecahan coin ini benar benar terjadi. Tentu saja... adapun persyaratan yang dikehendaki oleh platform exchanger tersebut ialah, harus adanya perlindungan "call fo replay". Disini, call of replay protection merupakan perlindungan terhadap resiko terjadinya transaksi replay dimana jika seseorang dari network lain membroadcast transaksi, maka ada resiko bahwa transaksi tersebut berlangsung pada kedua dua blockchain.

Vinny Lingham yg merupakan Co-founder & CEO of Civic.com, memberikan pendapatnya terhadap Bitcoin Hard Fork yang hendak dicapai oleh Bitcoin Unlimited, bahwanya kehadiran Bitcoin Unlimited ialah sesuatu yang membuat dirinya takut. Vinny pernah memprediksikan nilai Bitcoin akan mencecah harga diatas $3000 sebelum tahun 2018, akan tetapi jika hardfork terjadi, maka prediksinya tidak akan terelisasikan. Menurutnya, mindset HardFork Bitcoin haruslah dicegah, karna jika senario itu akan menyebabkan kita (pemegang Bitcoin) akan berada dalam situasi bahaya.

Alasannya ialah Rogerver (dalang disebalik Bitcoin Unlimited) akan segera mengedump (menjual) seluruh Bitcoinnya (lebih kurang 300ribu BTC++) demi menaikkan harga Bitcoin Unlimited. Tentu saja bukan saja Roger satu orang aja yang akan mengedump BTCnya.. tp juga akan diikuti oleh para loyalis Bitcoin Unlimited lainnya dan ini akan menciptakan berita negatif / FUD di media berita yang menjejaskan network Bitcoin secara keseluruhannya.


Pada sisi pendukung Bitcoin Unlimited pula berpendapat bahwa Bitcoin yang saat ini terlalu bersifat sentral, sensorship dan menyimpang dari tujuan utama Bitcoin (Satoshi Roadmap) selaku alat pembayaran transaksi. Semakin melambatnya transaksi Bitcoin dan mahalnya fees akan menyebabkan orang orang untuk berahli kepada pilihan alternatif crypto lainnya yang lebih murah dan cepat.

Yopss.. ane rasa sekian aja dulu informasinya untuk hari.. Jika agan pengen mendalami Bitcoin Unlimited secara lebih details lagi, dapat membaca juga postingan yang sebelumnya "Apa Tujuan dan Motif Bitcoin Unlimited? ". Semoga Bermanfaat!


Salam YesNo!

Post a Comment

[Notice] Silakan menggunakan opsi "Name/ Url/ Login ke Google Account dahulu" untuk berkomentar. Jika sesebuah artikel sudah melebihi kapasitas kometar, maka Klik javescript "Muat Yang Lain..." untuk menampilkan keseluruhan komentar. [Terimakasih]

[blogger][facebook]

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget