March 2017 | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia

March 2017
10in20back acer Admob Akasha Alexa Alphabet Amazon Animaker AplikasiMobile Arbitrage Arisan Artikel Artikel-Premium asuransi Athena Star Athena-Star Atm2you Audio Video Bisnis AvalonLife Bank Batik Griya BCA Beras Plastik BigtimeApps binary option Bisnis Android Bisnis Internet Bisnis Online Wanita Bisnis-Online Bisnisfeatured BitBastion Bitclubnetwork Bitcoin BitcoinUnlimited BitGold Bizpoints Bizsyss Blockchain BlueBird Brandedme BTCRelay BukaLapak Business Casoony cbvlink CDJAPAN Cevo Coffee Break CoinBrawls Corporationmaster Cryptocurrency Cybercrime DaggerHashimoto Dana Anggaran DAO Dash DataYes DBS DealMedan Decent Decred Download Dropshipper Duabelassuku Duit Cepat Duit FB E-Commerce e-currency E-sport Terkaya EA Forex Ebay EmGoldex EtherCamp Ethereum EthereumClassic euro Expanses Facebook Factom FasaPay FB Money FBS FirstBlood Flipagram Free-USD Freebies Freelancer FreeUSD Futurenet Game of War Games gigtissue GNOSIS GolemProject Google GoogleWallet Gpu-Miner Gratisan Hacker Bca Hamllet Harbolnas Highscoremoney HipChat hirose hiroseuk Holloween2015 HYIP Inchain Indosat Infografik Informasi Bisnis Inspirasi Instagram Investasi ISTC KarirPlus Kartu Bisnis 2015 kerjaitumain KiboPlatform Kominfo Komunitas Larawithme LBRY Lbrycredit Line Lisk Litecoin Lithium Litsy Logo Bisnis Magnet Malware McDonald Media Sosial Microsoft MLM MNC MNC Life Plus MNC Link Plus Mobincube MOBROG Modal Minim Modus Monero Monetize Monolith Myspace Negatron Oculus Ondigo OneCoin Oneyesoneno Online Online Games terkaya Onstore OpenBazaar Openload Parity Particl Pascalcoin Payoneer PayPal Payza Peluang Bisnis Penempah Pedang Penipuan Perfect Money Picasa Playfulbet Poinweb PokemonGo Polkadot Popslide Program Hybrid Properti PuraVida Qbule Qtum Rahasia BBM Rahasia Youtube RaidenNetwork Rando RarePepe Recyclix ReksaDana Ripih RoyalMiner Rupiah Safnida Saham Scam scottrade selfielottery Shopping SingularDTV Siomay Addict Skype Slockit Smartcontract SmartLedger smartpool Snapchat Solarwarm Sony Sosialshare Sportbooks Steemit StrategiMarketing StrategiWebsite STRATIS SuperDAO Survei Swarm Swarmcity Synereo Talkback Tees Teknologi-Bisnis Tesla Motors TheDAO THR Tips Bisnis Tips Blogger Tips Hemat tool gratis Tradiio Trading Trik BBM Tutorial Tutorial Bisnis twiiter Twisto Potato Twitter UCEO uFun Club Ufun Token Umatrin unitlink Userfeeds vbpoints Virus Bca Voucher Diskon Vujicic Waves WavesPlatform Whatsapp Windows10 Wings WingsPlatform Wix Xapo YoCoin YouNow YouthToEarn Youtube Zcash ZClassic Zcoin

Yops kawan kawan semua... blog post seputar Ethereum, ane akan menggunakan format yg sedikt berbeda berbanding hari hari sebelumnya. Alasannya ialah sangat banyak bejibun news yang hadir di Ethereum setiap hari .. ahahaha... so.... enjoys!!

PROYEK SEPUTAR ETHEREUM


  • Token Basic Attention akan memperbaiki keefisienan pada bidang periklanan digital dengan cara menciptakan unit pertukaran baru sesama kalangan publisher, advertiser dan pengguna. Semua ini akan berlangsung pada blockchain Ethereum. Nilai dari token tersebut akan didasari oleh perhatian dari para penggunannya.
  • Ia didirikan oleh pencipta javacript dan co-founder Mozilla dan Firefox, bersamaan dengan tim solid serta didanai oleh Foundation Capital, Propel Venture Partner, Pantera Capital, DCG dllnya




  • Kami sangat gembira mengumumkan bahwanya kontrak crowdsale Lunyr yang diaudit oleh Mikko Ohtamaa dari CTO TokenMarket dinyatakan lulus tanpa ada satu pun isu/ permasalahan dalam penulisan kode tersebut.

  • Blocktix merupakan platform desentralisasi untuk pendistribusian tiket dan hosting event. Platform ini beroperasi melalui Smart Contract Ethereum, yang membenarkan verifikasi otentikasi tiket sehingga hampir mustahil untuk seseorang memalsukannya.
  • Blocktik mempunyai visi untuk menyediakan network desentralisasi buat pendistribusian dan penjualan tiket. Individual ataupun perusahaan dapat menjual dan membeli tiket melalui tandatangan cryptografik digital yang tersimpan dalam blockchain Ethereum
  • Lendroid akan menggabungkan beberapa DApps lainnya untuk menunjukkan kekuatan teknologinya. Apabila adanya kebutuhkan maka akan adanya kemauan untuk meminjam dana untuk jangka masa singkat. Bayangkan dengan cara mendeposit 20 REP dan mendapatkan 5 ETH kedalam akun anda dimana anda dapat langsung membelanjakannya serta merta. Nah.. apabila anda mengembalikan 5.01 ETH dalam 10 hari maka anda akan mendapatkan deposit 20REP anda kembali.

  • Smartpool ialah mining pool pertama yang berjalan pada SmartContract Ethereum. Ia dilaporkan masih tidak stabil dan cuma berjalan pada testnet (Kovan) Ethereum. Apabila ia sudah stabil nanti barulah mereka akan merilis versi Beta di masa hadapan.

  • Matchpool merupakan platform yang berinsentifkan komunitas dimana ia membenarkan sesiapa saja membuka "pool matchmaking"nya tersendiri. Matchpool akan mengadakan kampanye crowdsale di akhir tahun ini. Sama seperti "Slack meets Tinder" ia menfasilitaskan koneksi sesama teman dan komunitas dimana ia akan menguncang industri perkencanan yang bernilai multi milyaran dollar.

  • Alasan kenapa storj berahli dari Counterparty kepada Ethereum ialah kekawatiran platform Counterparty yang sudah tidak ada perkembangan apa apa selama dua tahun terakhir ini.
  • Storj komplain bahwanya Network Bitcoin yang kian melamban dan mahal pada sisi feenya sangat mengganggu pendistribusian Token SJCX kepada para minernya.


ETHEREUM SELAKU KOMPUTER DUNIA

  • The World Food Programme (WFP) akan mengutilitaskan blockchain Ethereum untuk mendistribusikan bantuan keuangan kepada keluarga-keluarga paling miskin di dunia dengan cara memanfaatkan teknologi yang canggih dan aman kepada mereka yang paling memerlukannnya.




  • Pada hari ini, kami mengrilis sebuah set solusi templates dalam Marketplace Azure buat multi-region dan multo-member Konsorsium Blockchain Ethereum dengan langkah yang paling sederhana melalui Portal Azure.
  • Solusi templates ini dirancang unttuk para multi member konsorsium Ethereum dapat mengkonfigurasi dan mendeploy jaringan Ethereum tanpa ribet.

  • Coinbase telah menerima kelulusan dari regulator finansial NewYork untuk menyediakan perdagangan mata uang digital yaitu Ehter dan Litecoin. Selain dari itu, memperkenalkan jasa katu debit yang disebut Shift Card pada hari rabu semalam

  • Vitalik Buterin yang merupakan founder Ethereum akan menghadiri Acara Ethereum India Summit. Sangat menarik sekali karna acara tersebut akan mengadakan event Hackathon selama 1 minggu penuh. Disini Vitalik akan menjadi salah seorang juri dan menyerahkan rewards kepada tim paling kreatif dalam acara hackaton tersebut

  • Pada akhir bulan Februari 2017, lebih dari 200 eksekutif dan developer berkumpul di kantor JP Morgan Chase & Co untuk menyatakan kesepakatan dalam pembentukkan Enterprise Ethereum Alliance.

  • Ethereum merupakan satu bangsa dengan Bitcoin tapi sedikit kutu buku dan lebih rumit ternyata dengan gagahnya dapat bersaing dengan volume perhari Bitcoin di awal bulan ini. Dalam bahasa yang lebih dimengerti, Bitcoin ialah lebih kepada sistem nilai duit moneter sedangkan Ethereum lebih kepada fasilitas yang dapat menggerakan hampir semua bisnis yang ada.

  • Dengan sukacitanya, kami hendak mengumumkan bahwanya testnet Ropsten telah bangkit kembari! Terima kasih kepada para donatur hashrate GPU yang membantu mengalahkan para spammer serangan block.

Yops... ane rasa sekian aja dulu informasinya berhubungan apa saja info terbaru Ethereum. Stay tuned terus!


Salam YesNo!

Wew... dunia cryptocurrency tidak pernah bosen. Salah seorang pengguna Reddit menyeru kepada Roger Ver untuk membuat proposal menukarkan Bitcoin miliknya kepada Bitcoin Unlimited dengan skala perbandingan 1 banding 1. OHH MY GOD! kenapa Oh My GOD?? karna nilai CST (contract split token) Bitcoin Unlimited saat ini cuma seharga $200++ doank!! Hm.... bayangkan deh.. siapa sih yang masih waras mau membayar $800+ Bitcoin Core demi $200++ Bitcoin Unlimited?

Bagi kawan kawan yang belum mengetahui siapa Roger ver? Dia merupakan orang pertama di dunia ini yang berinvestasi pada startup - startup Bitcoin. Perusahaan dia juga merupakan yang pertama kalinya menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran. Pada awal awalnya, dia juga merupakan orang pertama yang turun ke lapangan dan memberikan Bitcoin secara gratis kepada orang orang di jalan, makanya dia dikenal dengan sebutan Bitcoin Jesus.



Dianggarkan Roger ver memiliki lebih dari 300ribu Bitcoin dalam genggaman tangannya. Dan seperti yang kita ketahui, dia juga sangat tidak senang dengan progress Bitcoin saat ini yang semakin lamban dan mahal biaya transaksinya. Untuk itu dia hendak menghardfork Bitcoin dan mengubahnya menjadi Bitcoin Unlimited. Jika anda ialah seorang miner Bitcoin dan pergi ke Mining Poolnya di Bitcoin.com, maka anda akan dibayar 10% extra Bitcoin dari kantong pribadinya sebagai block rewards. 


Sudah tentu, Roger Ver sangat yakin kalau Bitcoin Unlimitednya akan sukses, dia bahkan menyatakan bahwa dia akan menjual semua Bitcoin yang dia miliki untuk berahli kepada Bitcoin Unlimited sejurus hardfork terjadi.



Jadi... kembali kita kepada topik di awal paragraf tentang proposal penerimaan Bitcoin Unlimited dengan Bitcoin pada kadar 1 banding 1. Lebih kurang 190.000BTU akan terlibat dalam transaksi ini. Sudah tentu apabila transaksi ini terjadi, maka Roger ver akan mengalami kerugian besar dan pihak lainnya untung besar. Melihat keazaman Rogerver dan kepercayaannya terhadap Bitcoin Unlimited (BTU), nampaknya dia akan setuju. LOL!


Yops.. sekian aja informasinya dan ane tidak menolak Bitcoin Gratisan dari RogerVer XD
18PCj64iiXbCDRRsxhBoD271wwHHExNdPs (BTC)


Salam YesNo!

Berapa besar kesempatan anda untuk membeli cryptocurrency pas di harga paling dasar? dan seberapa besar kesempatan anda untuk menjual cryptocurrency pas di harga paling puncak? Kenyataannya ialah jual beli cryptocurrency tidak akan dapat kita lakukan dengan timing yang sempurna. Setiap orang mempunyai tujuan mereka tersendiri saat berinvestasi dan bertrading cryptocurrency. Mungkin anda akan sering menyalahkan diri sendiri, kenapa saya tidak beli Bitcoin satu tahun yang lalu saat harganya masih $600? Disini terbuktikan bahwa tidak ada sesiapa pun yang dapat memprediksikan masa depan. Hanya dengan belajar dari kesuksesan dan kegagalan masa lalu, barulah kita dapat maju terus menyongsong hari baru. Dibawah ini ialah beberapa faktor jual beli cryptocurrency yang mungkin dapat bermanfaat buat pemula.

Pertama tama ialah mengetahui dan menyadari kekuatan disebalik cryptocurrency. Perlu diketahui bahwanya fundamental cryptocurrency ialah berbeda dengan investasi pada bursa saham/ forex. Mungkin satu kemiripan antara mereka berdua ialah perlunya platform trading sebagai media perantaraan perdagangan. Disini kita menyadari bahwa kekuatan teknologi disebalik Ethereum mempunyai potensi besar untuk diadoptasikan oleh berbagai sektor industri. Selain itu, sifat utama cryptocurrency yang berdesentralisasi menunjukkan bahwa ia tidak bisa ditutup ataupun dimanipulasikan dengan mudah. Mungkin ada orang yang akan bertanya kenapa anda memiliki Ether? Jawabannya sederhana, karna saya percaya dengan masa depan dan mungkin anda juga sepatutnya begitu.

Kedua ialah menentukan sebuah strategi. Seberapa kali anda menjual dan membeli cryptocurrency dalam satu minggu? Beberapa orang hendak menjadi day trader, tapi ramai orang sudah membuktikan bahwa memegang utk jangka masa panjang ternyata lebih membuahkan hasil. Sebuah strategi yang selalu saya katakan kepada kawan kawan yang masih baru dalam cryptocurrency ialah "buy and hold". Semakin lama anda merencanakan untuk memegang sesebuah cryptocurrency, maka resiko yang anda hadapi akan semakin kecil. Terkecuali jika adanya indikator musibah terhadap apa yang sedang terjadi disebalik sesebuah cryptocurrency tersebut, maka barulah anda harus membuat keputusan untuk cut loss (menjualnya).

Ketiga ialah berhubungan dengan modal investasi. Saat kita berinvestasi kedalam cryptocurrency, maka duit fiat (negara) akan kita belanjakan untuk membeli Bitcoin/ Ether itu. Saat kita meningkatkan investasi cryptocurrency dari hari ke hari, maka ini akan mengurangkan nafsu untuk selalu jual dan beli. Jika anda sudah mempelajari bahwa sesebuah cryptocurrency mempunyai prospek utk jangka masa panjang, maka lebih bagus selalu percaya kepada prinsipmu itu. 

Keempat... jual dan beli cryptocurrency merupakan ilmu yang kita belajar dari pengalaman dan bukan sebuah mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Strategi yg lebih sederhana ialah jangan menggunakan lebih dari 10% portfolio anda untuk bereksperimentasi dalam market cryptocurrency. Tetap jaga 90% portfolio anda untuk investasi jangka masa panjang. Setiap crypto mempunyai keunikan dan resiko dia masing masing. Dengan mengetahui apa saja kelemahan dan keunggulan teknologinya, maka ini dapat membantu kita membuat keputusan finansial yang lebih baik dalam jual beli cryptocurrency.

Terakhir... industri cryptocurrency masih pada tahap tahap awalnya. Jangan karna menganggap Bitcoin, Ethereum atau DASH sudah mencecah harga tertingginya, anda merasa "terlalu mahal" utk mulai berinvestasi. Perlu selalu diingat bahwa masih sangat besar potensi yang dapat mereka lakukan dalam kehidupan manusia. Yops... ane rasa sekian aja dulu informasi untuk hari ini. Semoga Bermanfaat!


Salam YesNo!

Yops.. kawan kawan semua... hari ini ane hendak sharing secara singkat nan sederhana saja berhubungan dengan hasil dari Meeting Founder Ethereum di tanggal 17 Maret 2017 kemarin. Rekaman video call meeting tersebut dapat anda saksikan di https://youtu.be/g2gsYRlThD4 . Disini sy akan melakukan yg terbaik untuk menterjemahkan beberapa poin penting doank.. ^_^v

Sebelum sy memulai... sy hendak menjelaskan kepada beberapa diantara kawan - kawan yang mungkin belum mengetahui bahwa, EIP merupakan singkatan dari Ethereum Improvement Proposal.. EIP ini mendiskripsikan apa saja standard spesifikasi platform Ethereum, baik itu ialah sesuatu proposal yg telah difinalisasikan ataupun yang masih sedang dalam pertimbangan.

Pertama tama,  EIP Signaling/ Voting system yang diciptakan oleh beberapa orang dari grup Ethereum, Metamask, Carbonvote, Boardroom dan beberapa sukarelawan lainnya dilaporkan berjalan dengan lancar. Berhubungan dengan isu EIP 225 yang berkaitan dengan protokol PoA dan Rinkeby Testnet pula, akan menjadi solusi untuk para dev mengimplementasi beberapa klien dan sistem block syncing saat pengujicobaan dapps mereka. Seterusnya, Yoichi yg merupakan pakar analisa smartcontract mengatakan bahwa update yellow paper metropolis ternampak bagus, akan tetapi perubahan pada Spurious Dragon kemarin yg telah direset masih dalam keadaan tidak jelas. Yoichi mengunjungi kantor Gavin dan mereka berdua akan terus berjumpa untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Selanjutnya berhubungan dengan update Metropolis pula... ada sedikit perdebatan berhubungan dengan implementasian pada spesifik EIP antara Vitalik dengan Christian serta beberapa dev lainnya. Berhubungan dengan hal ini, mereka akan terus membincangkannya pada meeting yang berikutnya. Fokus kembali kepada pengrilisan Metropolis.. Vitalik mengatakan bahwa harga Ether yang kian meningkat telah mempengaruhi blocktime yang disesuaikan oleh difficulty bomb. Vitalik melakukan kalkulasi cepat dan mengatakan bahwa pada akhir bulan Juni, blocktime Ethereum akan meningkat kepada 19.5detik, sedangkan akhir bulan Agustus akan menjadi 28.5 detik. 

Disini Vitalik merekomendasikan bahwanya kalo bisa sih sebelum akhir bulan Juni, Metropolis harus dirilis untuk mengdelay bombtime... atau paling lambat di akhir bulan Agustus. Vitalik lebih menyarankan supaya mereka berusaha sebaik mungkin supaya di akhir bulan Juni Metropolis dirilis.. tp kalau gak sempat maka paling tanggal keras wajib di akhir bulan Agustus. Dikarenakan harga Ether yg semakin meningkat maka, Vitalik berpendapat bahwa difficulty rate tentunya akan selalu diatas 200. Vitalik menyemangatkan timnya utk mempersiapkan Metropolis sebelum akhir bulan Juni.

Yop.. ane rasa sekian aja dulu kesimpulan ringkasnya... semoga bermanfaat.


Salam YesNo!

Yuhaaa... kawan kawan semua! Dalam artikel hari ini ane akan membahas seputar Bitcoin yg sedang heboh dibicarakan saat ini. Seperti yang kita ketahui bahwanya perdebatan terhadap isu skalabilitas Bitcoin sampai hari ini masih belum mencapai suara kesepakatan. Pertentangan antara Bitcoin Core yang menyusulkan softfork segwit dengan Bitcoin Unlimited yang menyusulkan hardfork size block pun menjadi semakin tegang. 


Screenshot diatas menunjukkan status pendukungan proposal Bitcoin Unlimited (34.3%) dan Segwit (26.8%). Untuk saat ini, pendukungan terhadap Bitcoin Unlimited masih lebih dominan daripada Segwit, meskipun ia sempat anjlok dari 43.1% menjadi 34.3% dikarenakan teridentifikasi bug pada kode Bitcoin Unlimited beberapa hari yang lalu. Dan untuk menentukan siapa pemenang dari pendukungan proposal tersebut... salah satu diantara mereka wajib mencapai nilai minimal 90%.

Perkataan Fork dalam istilah "Bitcoin HardFork" dapat membawa maksud kepada perpecahan network Bitcoin menjadi dua jenis blockchain yang berbeda. Berhubungan dengan ini, lebih dari 20 platform exchangers telah pun merilis perencanaan kontigensi untuk menghadapi perpecahan network Bitcoin di masa hadapan. Jika perpecahan tersebut benar benar terjadi, maka para exchanger akan menganggap Bitcoin Unlimited (BU) sebagai alternatif cryptocurrency. Disini Bitfinex menjadi exchanger pertama yang memperkenalkan kontrak Chain Split Token (CST), dimana ia membenarkan trading antara BCC (Bitcoin Core) dan BCU (Bitcoin Unlimited) kepada USD/ BTC, sebelum hardfork belum terjadi. Jadi... jika anda mempunyai 1 Bitcoin di Bitfinex, maka ia dapat anda tukarkan kepada 1 BCC (Bitcoin Core) dan 1 BCU (Bitcoin Unlimited) melalui kontrak CST yang sudah dipersiapkan. 

Apabila benar benar terjadi split di masa hadapan, maka BCU dan BCC akan dikreditkan kedalam wallet anda. Akan tetapi jika hardfork masih belum terjadi sebelum tanggal 31 Desember 2017, maka BCU (Bitcoin Unlimited) yang anda miliki akan menjadi tidak bernilai dan BTC akan dikreditkan kepada pemegang BCC (Bitcoin Core). Melalui gambar dibawah ini kita dapat melihat nilai BCU (Bitcoin Unlimited) sedang dihargai $899, dan BCU pula $255.


Berhubungan dengan platform exchanger lainnya pula seperti Poloniex, Kraken, Coinbase, Bitstamp, BTCC dllnya, juga membuat keputusan akan menglistingkan Bitcoin Unlimited sebagai alternatif crytocurrency sekiranya perpecahan coin ini benar benar terjadi. Tentu saja... adapun persyaratan yang dikehendaki oleh platform exchanger tersebut ialah, harus adanya perlindungan "call fo replay". Disini, call of replay protection merupakan perlindungan terhadap resiko terjadinya transaksi replay dimana jika seseorang dari network lain membroadcast transaksi, maka ada resiko bahwa transaksi tersebut berlangsung pada kedua dua blockchain.

Vinny Lingham yg merupakan Co-founder & CEO of Civic.com, memberikan pendapatnya terhadap Bitcoin Hard Fork yang hendak dicapai oleh Bitcoin Unlimited, bahwanya kehadiran Bitcoin Unlimited ialah sesuatu yang membuat dirinya takut. Vinny pernah memprediksikan nilai Bitcoin akan mencecah harga diatas $3000 sebelum tahun 2018, akan tetapi jika hardfork terjadi, maka prediksinya tidak akan terelisasikan. Menurutnya, mindset HardFork Bitcoin haruslah dicegah, karna jika senario itu akan menyebabkan kita (pemegang Bitcoin) akan berada dalam situasi bahaya.

Alasannya ialah Rogerver (dalang disebalik Bitcoin Unlimited) akan segera mengedump (menjual) seluruh Bitcoinnya (lebih kurang 300ribu BTC++) demi menaikkan harga Bitcoin Unlimited. Tentu saja bukan saja Roger satu orang aja yang akan mengedump BTCnya.. tp juga akan diikuti oleh para loyalis Bitcoin Unlimited lainnya dan ini akan menciptakan berita negatif / FUD di media berita yang menjejaskan network Bitcoin secara keseluruhannya.


Pada sisi pendukung Bitcoin Unlimited pula berpendapat bahwa Bitcoin yang saat ini terlalu bersifat sentral, sensorship dan menyimpang dari tujuan utama Bitcoin (Satoshi Roadmap) selaku alat pembayaran transaksi. Semakin melambatnya transaksi Bitcoin dan mahalnya fees akan menyebabkan orang orang untuk berahli kepada pilihan alternatif crypto lainnya yang lebih murah dan cepat.

Yopss.. ane rasa sekian aja dulu informasinya untuk hari.. Jika agan pengen mendalami Bitcoin Unlimited secara lebih details lagi, dapat membaca juga postingan yang sebelumnya "Apa Tujuan dan Motif Bitcoin Unlimited? ". Semoga Bermanfaat!


Salam YesNo!

(Artikel Sponsored) - Avalon Life merupakan sebuah perusahaan yang berkomitmen terhadap pemproduksian (mining) sebuah digital currency yang disebut dengan DASH (Digital Cash). Memiliki beberapa fasilitas mining di Costa Rica dan Switzerland, Avalon Life mempunyai visi dan misi untuk memperlebarkan lagi sayapnya ke semua benua di dunia. Secara berangsur angsur, Avalon mengkonversasikan sumber tenaga alami dengan memanfaatkan tenaga solar untuk menghasilkan tenaga listrik yang digunakan dalam pemproduksian currency digital. 

Disini model bisnis Avalon Life membuka peluang kerjasama kepada semua orang untuk ikut menceburi industri mata uang digital yang kian mendapat perhatian dunia tanpa harus ribet ribet menginstall software atau hardware. Sesiapa yang menjadi partner berlisensi ini akan diberikan hak untuk mengakses produk Avalon Life pada harga grosir.


Avalon life mengklaim dirinya beroperasi di Calle Blancos del Colegio de Microbiólogos 50 metros al Oeste,  San Jose (Goicoechea)  20801, Costa Rica. Alasan kenapa Avalon Life memilih untuk menempatkan dirinya di Costa Rica dan bukan di Eropah, karna ia mempunyai infrastruktur dan keadaan geografi yang cocok untuk produksi mining DASH. CEO dan CTO perusahaan ini diketuai oleh Tom Koller yang merupakan seseorang yang sudah mempunyai pengalaman dalam bidang network marketing. Dia juga turut dibantu oleh Thomas Graf selaku CFO dan Celestino Rodrigues selaku Director Communication.


Avalon Life menfokuskan sumber dayanya untuk Mining crypto yang mempunyai algoritma yang mirip dengan Dash karna mereka percaya ia mempunyai prospek "yang lebih bagus" daripada Bitcoin. Tom Koller selaku CEO Avalon Life mengatakan bahwa, mereka cukup bangga karna menjadi perusahaan pertama yang mendukung tenaga solar dan bekerjasama dengan tim luar biasa Dash. Fokus utama Avalon ialah untuk mendukung cryptocurrency seperti DASH secara ramah lingkungan dan se-efisien mungkin.


Disamping menyediakan beberapa pilihan penawaran kontrak "Mining Dash" tanpa ribet, Avalon juga memberikan edukasi mining kepada partner berlisensinya serta variasi kontrak mining lainnya sptcontoh: PuraVida. Untuk informasi yang lebih lengkap dapat mengkontak:

Yuha kawan kawan semua!! Yops... hari ini ane hendak berbagi apa saja informasi seputar WINGS saat ini. Pertama tama, bagi para pendukung yang ikut berdonasi dalam kampanye backing campaign WINGS, tentunya sudah mendapat email beberapa hari yang lalu bahwanya WINGS mengundang para komunitasnya untuk ikut meramaikan  pengkoleksian data forecasting (prediksi). Cukup menarik juga karna lebih dari 100+ orang lebih ikut berpartisipasi dalam aktivitas forecasting ini.



Selain dari itu, tim WINGS terus bekerja tanpa henti untuk menghadirkan fungsional platform terbaik dimana para inovator, investor dan prediktor dapat bekerja bersama sama untuk membangun bisnis dan teknologi masa depan. Serangkaian changelog dan perubahan UI serta bug fix dapat anda baca sendiri link yang berikut ini "WINGS Forecast Testing Begins & Dev Change Log" .

Berikutnya, Wings juga turut mengumumkan bahwanya mereka akan mengikuti acara "TechDay" di Los Angeles pada tanggal 14 September 2017, dimana ia merupakan sebuah acara startup yang terbesar. Techday memberikan peluang kepada para pengunjung untuk menyaksikan berbagai teknologi canggih beraksi. Dipenuhi dengan press media dan para investor, ia akan memperlihatkan debut perdana para startup mempresentasikan produk inovatifnya diatas pentas.


Seterusnya... pada tanggal 29 Maret 2017, Wings akan memberikan presentasi di acara Coinsrum, University College London . Dominik Zynis yang merupakan proyek marketing & komunikasi akan menunjukkan demo Alpha Wings, sekaligus menjelaskan pengenalan dasar apa itu forecasting dan bagaimana mekanisme platform WINGS berfungsi. Acara ini disponsor oleh cryptocompare dan juga turut dihadiri oleh beberapa proyek lainnya seperti DFINITY.


Sekian saja dulu informasinya untuk sementara waktu ini. Stay tuned untuk informasi yang berikutnya.


Salam YesNo!

Hingga ke hari ini, ramai orang yang hendak membawa cryptocurrency untuk diadoptasikan secara masal. Namun demikian, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Hal ini diakibatkan karna proyek proyek yang ada saat ini tidak mengindentifikasi dan mencari solusi terhadap punca permasalahan utamanya yaitu:
  • Sekuritas - menyimpan asset ialah sebuah perkara yang cukup merepotkan bagi sesetengah orang. Mereka lebih senang memilih untuk percaya kepada pihak ketiga, spt contoh: platform exchangers sebagai tempat penyimpanan assetnya. Ini ialah sebuah masalah besar karna ia mengandung resiko kecurian/ scam yang sudah sering sekali terjadi.
  • Kegunaan - bejibun prosedur yang harus dilalui sebelum dunia nyata dapat menerima penggunaan asset digital. Para pengguna diwajibkan melalui prosedur KYC (Know Your Customer) sebelum dapat melakukan deposit dan withdrawal.
  • Kebebasan Asset - saat kita menyuruh orang awam untuk menggunakan asset crypto yang volatile seperti Bitcoin, mereka selalu bilang tidak. Disini orang orang seharusnya tidak cuma terbatas pada satu bentuk currency saja, melainkan mengakses seluruh asset ekonomi yang ada, dari yang berspekulatif seperti ETH sampai kepada komoditas yang didukung oleh asset nyata (emas) seperti DGX.

Platform Token (Monolith) berencana untuk memberikan solusi terhadap semua isu yang disebutkan diatas dan memposisikan dirinya dengan memberikan fasilitas kepada pengadoptasian asset yang berjalan dalam ekosistem Ethereum.

Untuk mengadapi permasalah yg disebutkan diatas, ada 3tiga komponen dalam proyek ini yaitu Contract Wallet, Tokencard dan Token App. Contract wallet merupakan sebuah smart contract wallet yang dikontrol oleh anda sepenuhnya. Sedangkan Token Card ialah kartu debit Visa yang dapat dikustomisasi aksesnya yang disetting oleh sang pemilik untuk mengwithdraw dana atau digunakan untuk melakukan pembayaran. Pembayaran yang disebutkan ini dilaksanakan melalui ERC20Token yang membawa maksud bahwanya anda dapat membelanjakan ETH, REP, DGX untuk secangkir kopi. Nah... dengan hadirnya Token App, maka ini mengabungkan kali kedua dua komponen dalam sebuah aplikasi teknologi canggih.

Contoh di sisi seorang pengguna: Seseorang pemilik TokenCard yang bernama Budi hendak membayar segelas bir yang berharga 20ribu rupiah. Si Budi ini sudah terlebih dahulu mensetting contract walletnya bahwanya dia cuma diperbolehkan untuk membelanjakan 1% dari assetnya per hari. Selain dari itu, dia juga telah mengaktifkan pembayaran multi asset yang membenarkan dia membayar menggunakan asset asset lain yg dia kehendaki, seperti contoh: ETH dan DGX. Selanjutnya Budi tinggal menggosokkan kartunya kedalam sistem API VISA Network untuk mengkonfirmasikan transaksi. Lalu kami akan mengevaluasi order book harga diantara kedua dua ETH dan DGX pada sebuah exchanger dan melaksanakan perintah withdrawal. Apabila ia sukses, maka transaksi itu akan berlangsung dan sebuah notifikasi akan muncul pada mobile phonenya. Terakhir, Budi dapat melihat kembali rincian transaksi di Token appnya.

Contoh di sisi sekuritas: Seseorang yang bernama Ahmad merasa kawatir jika dia diincar oleh hackers yang hendak mencuri dana dananya. Ahmad ini mempunyai banyak Ether dan sangat aktif dalam investasi ICO ICO sehingga dia mau supaya semua asset yang dia miliki sentiasa aman. Nah... disini melalui Token Apps, Ahmad mensetting berbagai sekuritas yang memanfaatkan teknologi smart contract untuk melindungi asset - assetnya. Pertama tama, dia mensetup supaya cuma dia sendiri saja yang diperbolehkan mengakses dananya. Kedua... dikarenakan kekawatiran jika kunci privatenya hilang, maka Ahmad membenarkan kita untuk mengahlikan dananya kepada spesifik contract wallet cadangan, dimana ia cuma dikontrol oleh dia sendiri saat terjadinya kasus darurat. Terakhir, Ahmad akan mensetting limit withdrawal per hari sehingga apabila ada terjadi kecurian dana, maka dia akan mengetahuinya dengan segera dan mengasingkan dananya kedalam wallet darurat yang disebutkan tadi. Nah... sekarang Ahmad sudah dapat dengan tenangnya tidur nyenyak. Menarik kan?

Aha!! Yops... jadi ane rasa sekian aja dulu informasi pengenalan "Token" selaku Platform Banking dan stay tuned untuk update yang berikutnya.


Salam YesNo!

Holala kawan kawan semua! Yops.. hari ini ane hendak berbagi informasi update seputar Ethereum. So... lets get starto!! Jadi pertama tama, consensys yang merupakan studio aplikasi yang fokus sepenuhnya pada blockchain Ethereum, menjalin kerjasama strategik dengan IBM untuk merelisasikan projek Smart Dubai di Hotel Emirates Tower. Projek Smart Dubai ini bertujuan untuk mentransisikan proses pemerintahan Dubai kepada sistem blockchain pada tahun 2020.


Berikutnya ialah cukup luar biasa karna Ethereum telah mencecah marketcap tertingginya dengan nilai melebihi 2.5milyar dollar dan disaat ini harga Ether dinilai lebih kurangnya $28/ETH. Salah satu alasan kenapa terjadinya peningkatan nilai Ether, karna terbentuknya sebuah organisasi yang disebut "Enterprise Ethereum Alliance" yang menggabungkan perusahaan perusahaan besar untuk mengembangkan teknologi blockchain. Beberapa perusahaan besar seperti JPMorgan, Microsoft dan Intel juga turut terlibat.

Selanjutnya ialah blockchain India akan mengadakan Week Hackathon di tanggal 13 - 14 Mei 2017 di Mumbai bersama dengan Vitalik Buterin (Founder Ethereum).  Berbagai konferensi dan workshop akan diadakan dalam hackathon tersebut. Disini sesiapa dapat mengikuti kontes penulisan skripsi yang menyangkut Proof of Stake, Skalabilitas dan Privacy sebelum tanggal 25 April 2017. Nantinya, Vitalik sendiri akan mengumumkan siapa pemenangnya pada hari hackathon tersebut.


Berdasarkan videocall founder Ethereum, kita mendapatkan bocoran bahwa kemungkinan besar Metropolis akan dirilis di penghujung bulan Juni 2017. Cukup menarik juga bahwanya sesudah Metropolis dirilis maka, proof of stake akan segera menyusul dan mungkin akan lebih cepat dari yang kita sangkakan. Vitalik menjelaskan bahwanya pentransisian Proof Of Stake akan terjadi pada beberapa fase yaitu: mereka akan mengimplemetasikan Proof of Stake diatas Proof of Work (serupa Komodo), selepas itu hybrid PoW dan PoS... dan terakhir barulah PoS sepenuhnya.

Yops... ane rasa sekian aja dulu laporannya meskipun tidak dapat saya tuliskan segalanya dalam satu postingan karna bejibun banyaknya perkembangan development seputar Ethereum setiap hari. Jika agan berkenan bisa cek di "Forum Btctalk Ethereum", disana sy secara rutin menuliskan updates news Ethereum setiap harinya. Semoga Bermanfaat!

Salam YesNo!

Yops... hari ini tanggal 14 Maret 2017, ENS (Ethereum Name Service) sudah live pada mainnetnnya Ethereum. Jadi fungsi ENS ini sebenarnya ialah untuk menyediakan sebuah patah perkataan yang dapat dimengerti/ dibaca oleh manusia, dimana ia mempresentasikan resources didalam ataupun diluar Blockchain Ethereum. Seperti yang kita ketahui bahwanya address wallet cryptocurrency ialah merupakan serangkaian karakter hexadecimal yang rumit dan hampir mustahil untuk dihapal/ dibaca. Dengan hadirnya ENS ini, maka kita dapat mentransformasikan address wallet yg rumit itu kepada bahasa yang dapat dipahami oleh orang contohnya: budianto.eth

Selain dari itu... ENS beroperasi dengan mengamalkan model distribusi pada kedua dua infrastruktur dan pemerintahannya. Sesiapapun berpeluang untuk mendaftarkan nama domain .eth untuk dirinya sendiri dengan mengikuti proses pelelangan yang berlangsung secara real time diatas blockchain Ethereum. Dikarenakan ENS berjalan berlandaskan teknologi smart contract, maka ia tidak akan menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh sistem DNS, karna nama domain ens akan berfungsi sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pemiliknya.

Pelelangan ENS berlangsung pada 3 fase, yakni:
  • Auction - berlangsung selama 3 hari dimana pada waktu itu bids haruslah diajukan
  • Reveal - berlangsung selama 2 hari dimana anda harus menunjukkan parameter bid anda, jika tidak maka dana bid anda dibakar (alias lenyap)
  • Finalization - bidder tertinggi dapat mengirimkan transaksi yang menjadikan dirinya sebagai pemiliknya. Apabila tidak ada bids yang ditunjukkan maka nama tersebut akan tersedia kembali untuk dilelang.
Perlu diketahui juga bahwanya tidak ada pelelangan yang akan berakhir dibawah 4 minggu saat ia bermula, karna fase awal tersebut memberikan kesempatan kepada orang orang untuk meletakkan bids. Sedangkan untuk minimal bid ialah 0.01ether dan apabila sesudah 1 tahun berakhir, maka nama ens akan dilelang kembali dan anda akan mendapat kembali deposit bid anda. Sedangkan pada sisi lainnya, bagi para kompetitor yang kalah saing bid dengan anda, maka ether mereka akan dikembalikan dengan potongan 0.05%. Cukup menarik karna nama domain yang anda miliki dapat digunakan untuk menciptakan subdomains yang ditujukan kepada wallet wallet seperti contoh: domain.subdomain.eth

Mungkin kita akan bertanya, apakah ENS ini akan menciptakan kasus penggunaan dalam blockchain Ethereum? Jadi...  persoalan tersebut sebenarnya masih sangat awal untuk dijawab karna ia masih baru. Namun demikian, kita dapat berimaginasi bahwa dengan kehadiran ENS, tentunya ini akan menciptakan kelakukan sistem yang lebih fleksible. Selain dari itu... dengan sebuah nama address yang dapat dibaca oleh manusia, maka ini akan mengelakkan terjadinya kebingungan dan menghindari resiko phising dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulannya, menurut sy secara personal.. sangat besar potensi ENS yang dapat kita kembangkan dari sini, terlebih lebih lagi, hadirnya beberapa orang pintar yang akan coba mengaut keuntungan besar melalui ENS. Saya rasa cuma waktu saja yang akan menunjukkan semua itu. Yops... sekian aja dulu informasinya untuk hari ini. Semoga Bermanfaat!


Salam YesNo!

Yops kawan kawan... dalam tutorial ini ane akan berbagi bagaimana caranya Mining Waves atau cara menjalankan Full Node Waves. Sebelumnya perlu diketahui bahwanya menjalankan full node waves membawa 2 keuntungan kepada pemiliknya, yaitu: yang pertama ialah jika anda mempunyai saldo minimal 10.000 WAVES, maka anda bisa mendapatkan rewards block berdasarkan fee transaksi yang dikoleksi dari Platform Waves. Yang kedua... selaku pengguna fullnode, maka anda dapat memiliki kontrol penuh terhadap wallet anda sehingga anda dapat melakukan apa saja untuk mengadoptasikan Waves kedalam proyek/ bisnis anda sendiri.

Ayok kita simak apa saja spesifikasi optimal yang saya gunakan untuk menjalakan FullNode Waves:
  • Windows Server 2012 R2 Hosting
  • 2 Core Processor
  • 4GB Ram
  • SDD/HDD 80GB
Secara personal, ane merental VPS Windows dengan spesifikasi yang sy sebutkan diatas. Alasannya ialah supaya full node sy bisa terus online 24/7. Sebenarnya blockchain Waves sampai di hari ini lebih kurang di 4GB++ jadi... gak semestinya harus punya space kosong sampai 80GB. Untuk RAM pula, saya rasa minimalnya 2GB, tp kalo mau optimal, lebih bagus jika menggunakan yang 4GB. Sebagai catatan tambahan, jika anda bukan pengguna VPS, minimal Windows 7 64bit bisa menjalankan fullnode (udah pernah ane test  dulu-dulunya).

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah mendownload lalu menginstall Java SE Runtime Environment (JRE) 1.8.


Setelah itu, download Mainnet Waves yang terbaru di Github Resminya (jangan salah download yg testnet yah, kecuali kalo agan pengen eksperimen)


Lalu scroll kan kebawah sampai jumpa sebuah files JSON .. simak gambar dibawah ini:


Misalnya, kalo Json files gak ketemu.. agan bisa bikin sendiri .. caranya ialah buka notepad/ new text document, lalu pastekan konten dibawah ini:

{
  "p2p": {
    "nodeName": "hadifromindonesia",
    "bindAddress": "0.0.0.0",
    "myAddress": "225.4.133.132:54240",
    "port": 6868,
    "upnp": false,
    "upnpGatewayTimeout": 7000,
    "upnpDiscoverTimeout": 3000,
    "knownPeers": [
      "138.201.152.166:6868",
      "138.201.152.165:6868",
      "138.201.152.164:6868",
      "138.201.152.163:6868",
      "34.192.116.209:6868",
      "52.8.147.91:6868",
      "52.192.108.188:6868",
      "52.62.212.53:6868",
      "52.67.63.123:6868"
    ],
    "maxConnections": 30
  },
  "walletDir": "",
  "walletSeed": "",
  "walletPassword": "Hahahahahaha",
  "dataDir": "",
  "rpcEnabled": true,
  "rpcPort": 6869,
  "rpcAddress": "225.4.133.132",
  "blockGenerationDelay": 15000,
  "historySynchronizerTimeout": 15,
  "cors": true,
  "maxRollback": 100,
  "apiKeyHash": "",
  "history": "blockchain",
  "offlineGeneration": false,
  "testnet": false,
  "loggingLevel": "info",
  "genesisSignature": "FSH8eAAzZNqnG8xgTZtz5xuLqXySsXgAjmFEC25hXMbEufiGjqWPnGCZFt6gLiVLJny16ipxRNAkkzjjhqTjBE2",
  "checkpoints": {
    "publicKey": ""
  }
}


Perlu diperhatikan:

"nodeName": "hadifromindonesia" = Ialah nama node agan.. terserah mau kasih nama apa.

"myAddress": "225.4.133.132:54240" = Kalo agan menggunakan vps.. maka ikuti ip address vps agan.. dan untuk portnya pula cth :54240 .. agan bisa buka command line dan input netstat -a . Disana carilah salah satu port yang tersedia dan established. Kalo agan gak pake vps... bisa pakai default ip aja 127.0.0.1:xxxx

"walletSeed": "", = Okay.. yg satu ini agak rumit untuk dijelaskan.. hahaha.. jika agan pengen mengimport wallet yang sudah ada dari wavesliteclient.. maka agan isi walletseed tersebut dengan "encoded seed" wallet tersebut. Kelebihan menggunakan metode ini ialah agan dapat mengakses wallet agan melalui wavesliteclient ataupun full node. SEDANGKAN ... kalau agan kosongkan wallet seed itu.. maka full node akan bikin wallet baru untuk agan.. kelemahan dari metode ini ialah wallet agan cuma dapat diakses melalui full node.. dan untuk mengakses melalui wavesliteclient pula, agan harus tau cara mengkonversasi 64 random bytes fullnode seeds kepada 15 random words yang dapat dibaca oleh liteclient (sejauh ini belum ada caranya). Dalam tutorial ini, ane tunjukkan metode yang kedua = dengan cara menciptakan wallet serba baru via full node yg sementara ini gak bisa diakses via wavesliteclient.

"walletPassword": "Hahahahahaha", = wallet password ini ialah bertujuan untuk mengenkripsi wallet.dat files yang disave pada user/appdata agan. Tidak semestinya harus sama dengan password di liteclient waves sekiranya agan pake metode import.

"rpcEnabled": true, = tidak semestinya harus true sih.. agan bisa "false" aja kalo gak mau menghidupkan rpc api.

"rpcAddress": "225.4.133.132" = Untuk rpc agan harus mengetahui fundamental dasar sekuritas karna cukup bahaya kalau agan gak paham rpc tapi coba coba mengaktifkannya. Jadi disini ane mengikuti rpcaddress yg sesuai dengan ip address vps ane.. jika agan bukan pengguna vps maka gunakan ip sendiri atau ip default 127.0.0.1

"apiKeyHash": "", = Kalo agan mendownload json files di github waves.. apikeyhash sudah terisi.. jadi agan harus hapus dan kosongkan aja dulu.

Terakhir kalo semua udah... di Save as All Files dengan extensi .Json... contohnya config.json. Yops... jadi sekarang kita masukkan dua files tersebut dalam satu folder.. coba tengok gambar dibawah ini:


Setelah itu... kita bikin sebuah .Bat files... 
caranya ialah buka notepad/newtextdocument lalu isikan:
"java -jar waves.jar config.json"
dan save as start.bat


Kalo sudah tinggal double click aja start.bat filesnya dan ia akan berjalan sendiri untuk mendownload keseluruhan blockchain WAVES (tergantung speed internet dan RAM, mungkin butuh waktu berjam jam.. kalo ane secara pribadi.. kayaknya kurang dari 3jam)



CARA MENGECEK SINKRONISASI BLOCKHAIN

Yops... untuk mengetahui apakah agan sudah mendownload keseluruhan blockchain dan tersinkronisasi dengan keadaan blockchain Waves secara realtime... caranya ialah agan buka web browser agan.. lalu input ip address agan... 

contohnya kalo ane: 
http://225.4.133.132:6869 .. 

atau kalo ip agan default maka,
http://127.0.0.1:6869 .. 
 
Penampakan dibawah ini kita sebut dengan panggilan "Swaggernya Waves"



Seterusnya klik "Debug" > Info > Tryout .. nantinya akan muncul hasilnya yang menuliskan blockchain agan sedang berada di block yang keberapa? Setelah itu agan bandingkan dengan blockchain waves yang sekarang ini (http://wavesexplorer.com/) apakah cocok atau gak?




Agan juga bisa ke http://wavesexplorer.com/peers lalu disitu akan muncul nama fullnode agan:



CARA MENSETUP APIKEYHASH

Okay!!!... setelah blockchain anda sudah sinkron... kita haruslah mensetup apikeyhash sebagai lapisan sekuritas extra wallet kita supaya gak dibobol orang.. wew.. ini ialah prosedur yg penting... Nah.. pertama tama.. agan ke Utils > Post/Utils/hash/secure > masukkkan kata rahasia di message > tryout > catat kode hashnya


Setelah itu... agan tutup server fullnodenya... lalu diedit kembali json filesnya... dan isikan "apiKeyHash": "xxxxxxxxxxxxx" dengan hash yang ditunjukkan pada swagger tadi, lalu terakhir disave. Berikutnya nyalakan kembali server full node waves agan... dan pada kanan atas kanan swagger, input "message (kata kunci rahasia agan)" dan klik explore.


Jika agan tidak menginput kata kunci apikey tersebut, maka agan tidak bisa mengeksekusi beberapa perintah penting seperti "tranfer asset, create wallet, dllnya"


SELAMAT BERPETUALANG!

Yops... sekarang fullnode agan udah jalan dan agan sudah mempunyai kuasa penuh terhadap wallet agan.. Disini tentunya ada baiknya jika agan amankan semua data data penting seperti wallet seed, public key dan lain lainnya via swagger kedalam satu file yang aman. Lalu selaku operator full node kita juga bisa menciptakan seberapa banyakpun address baru yg kita kehendaki.



Jikalau saja agan mempunyai saldo diatas 10.000 waves maka agan juga akan turut mendapatkan rewards block (mining) selaku operator node. Disamping itu... jika agan mempunyai pengetahuan yang lebih mendalam terhadap programming.. agan bisa membuat fauchet sendiri yang berjalan secara otomatis ataupun mengaplikasikan sebuah telegram bot.

Wavesdrop dan WavesWalletBot bukan karya saya :) Credits ditujukan kepada pemiliknya masing-masing!


Okay... sekian aja dulu artikel panduan dasar mining fullnode Waves Platform di Windows... jika ada sebarang pertanyaan yg lebih lanjut atau mau saling sharing, bisa bergabung di Telegram Group kita. Semoga bermanfaat!



Salam YesNo!

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget