November 2016 | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia

November 2016
10in20back acer Admob Akasha Alexa Alphabet Amazon Animaker AplikasiMobile Arbitrage Arisan Artikel Artikel-Premium asuransi Athena Star Athena-Star Atm2you Audio Video Bisnis AvalonLife Bank Batik Griya BCA Beras Plastik BigtimeApps binary option Bisnis Android Bisnis Internet Bisnis Online Wanita Bisnis-Online Bisnisfeatured BitBastion Bitclubnetwork Bitcoin BitcoinUnlimited BitGold Bizpoints Bizsyss Blockchain BlueBird Brandedme BTCRelay BukaLapak Business Casoony cbvlink CDJAPAN Cevo Coffee Break CoinBrawls Corporationmaster Cryptocurrency Cybercrime DaggerHashimoto Dana Anggaran DAO Dash DataYes DBS DealMedan Decent Decred Download Dropshipper Duabelassuku Duit Cepat Duit FB E-Commerce e-currency E-sport Terkaya EA Forex Ebay EmGoldex EtherCamp Ethereum EthereumClassic euro Expanses Facebook Factom FasaPay FB Money FBS FirstBlood Flipagram Free-USD Freebies Freelancer FreeUSD Futurenet Game of War Games gigtissue GNOSIS GolemProject Google GoogleWallet Gpu-Miner Gratisan Hacker Bca Hamllet Harbolnas Highscoremoney HipChat hirose hiroseuk Holloween2015 HYIP Inchain Indosat Infografik Informasi Bisnis Inspirasi Instagram Investasi ISTC KarirPlus Kartu Bisnis 2015 kerjaitumain KiboPlatform Kominfo Komunitas Larawithme LBRY Lbrycredit Line Lisk Litecoin Lithium Litsy Logo Bisnis Magnet Malware McDonald Media Sosial Microsoft MLM MNC MNC Life Plus MNC Link Plus Mobincube MOBROG Modal Minim Modus Monero Monetize Monolith Myspace Negatron Oculus Ondigo OneCoin Oneyesoneno Online Online Games terkaya Onstore OpenBazaar Openload Parity Particl Pascalcoin Payoneer PayPal Payza Peluang Bisnis Penempah Pedang Penipuan Perfect Money Picasa Playfulbet Poinweb PokemonGo Polkadot Popslide Program Hybrid Properti PuraVida Qbule Qtum Rahasia BBM Rahasia Youtube RaidenNetwork Rando RarePepe Recyclix ReksaDana Ripih RoyalMiner Rupiah Safnida Saham Scam scottrade selfielottery Shopping SingularDTV Siomay Addict Skype Slockit Smartcontract SmartLedger smartpool Snapchat Solarwarm Sony Sosialshare Sportbooks Steemit StrategiMarketing StrategiWebsite STRATIS SuperDAO Survei Swarm Swarmcity Synereo Talkback Tees Teknologi-Bisnis Tesla Motors TheDAO THR Tips Bisnis Tips Blogger Tips Hemat tool gratis Tradiio Trading Trik BBM Tutorial Tutorial Bisnis twiiter Twisto Potato Twitter UCEO uFun Club Ufun Token Umatrin unitlink Userfeeds vbpoints Virus Bca Voucher Diskon Vujicic Waves WavesPlatform Whatsapp Windows10 Wings WingsPlatform Wix Xapo YoCoin YouNow YouthToEarn Youtube Zcash ZClassic Zcoin

Olaha kawan kawan semua... yops...dalam artikel hari ini, ane akan mengulas apa saja update informasi terbaru seputar Waves Platfrom saat ini. Seperti yg kita ketahui, sudah satu minggu berlalu sejak Waves merilis fullnodenya. Dan sejak itu, para tim developer dan komunitas Waves terus memantau perkembangan serta kestabilan networknya, untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan mulus. Sejauh ini, semua ternampak cukup memuaskan dan tim developer Waves pun sudah siap untuk merilis fitur baru lainnya, yakni penyempurnaan lite clientnya yg mendukung pengisuan asset token, exchanger desentralisasi, fiat-gateway dllnya.

Berhubungan dengan Lite Client seperti yg disebutkan diatas, kita sudah dapat mencoba versi testnet yg telah mendukung pengisuan token di https://github.com/wavesplatform/WavesGUI/releases/tag/v0.4.4 (ingat waspadai github palsu). Sedangkan untuk versi web pula, kita bisa mencoba di situs http://testnet.waveswallet.io


Sasha mengatakan bahwa setelah pengrilisan lite client versi terbaru, tahap selanjutnya ialah merilis DEX (Decentralised Exchange) dan Leasing Transaction. LPOS (Leased Proof Of Stake) dirancang untuk meningkatkan sekuritas networknya, dimana ia dipercayai akan lebih aman lagi berbanding dengan sistem PoS (Proof Of Stake) NXT. Alasannya ialah, ia mempunyai keupayaan untuk seseorang ikut mengamankan network Waves Platform, dengan imbalan mendapatkan insentif, tanpa mengira seberapa banyak Token Waves yg dia miliki. Berhubungan dgn itu, nantinya akan ada tech paper yg bakal dipublikasikan untuk direview secara umum. Pada sisi lainnya, untuk menjana skalabilitas yg lebih besar, Waves akan memperbaiki struktur otentikasi data sehingga menjadikan blockchain Waves semakin padu.

Otentikasi dua faktor akan menyediakan para penggunanya sekuritas tambahan dan mungkin di awal tahun 2017, fiat gateway sudah tersedia dalam Waves Platform. Fiat Gateway merupakan sesuatu yg penting karna ia membisakan sang pencipta asset untuk membagikan dividen kepada pemegang assetnya dengan mata duit stabil seperti USD, CNY, EURO dllnya. Seterusnya, wallet versi mobile juga akan dirilis supaya setiap orang dapat mengakses Platfrom Waves dengan lebih praktis lagi. Sekarang ini, Wallet versi mobile sedang dalam mode pengetesan dan ini tidak akan memakan waktu yg lama sebelum ia sudah dapat dirilis.


Diekspektasikan dalam beberapa bulan kedepan, Waves sudah mempunyai sistem produk yg sudah siap untuk menjana bisnis bisnis dan proposal proyek crowdfunding lainnya. Saat ini Incent merupakan platform loyalitas pertama yg dilaunching diatas platform Waves dan dikabarkan mereka berhasil menjana lebih dari 1juta dollar dalam ICOnya semalam. Apabila pengupdate-an Lite Client nanti sudah dirilis, Waves akan memulai mengembangkan pendukungan bisnisnya dan bekerjasama dengan banyak organisasi organisasi lainnya. Selain dari itu, Waves juga sudah mulai berkomunikasi dengan para exchanger supaya lebih banyak exchanger yg akan memperdagangkan tokennya. Dalam hal tersebut, ia akan memakan sedikit waktu karna para exchanger yg bereputasi baik biasanya akan melakukan audit pada codebase dulu sebelum membuat keputusan.

Yops.. sekian aja dulu artikel berhubungan dengan Waves... Ride on Waves ^_^v

Salam YesNo!

Yops... hola kawan kawan semua... 1 mingguan udah berlalu sejak Backing Campaign WingsPlatform bermula di tanggal 18 November 2016. Dalam hal ini, periode backing campaign WINGS masih ada 1bulan lebih lagi sebelum ia berakhir di tanggal 6 Januari 2016. Sejauh ini Wings telah mengumpulkan donasi yg melebihi 1juta dollar yg masih terus bertambah dari hari ke hari. Baiklah... dalam artikel ini akan membahas beberapa tanya jawab (FAQ) yg lazim dipertanyakan oleh anggota komunitasnya, semoga aja ia dapat bermanfaat untuk kita memahami lebih details lagi berhubungan dengan Backing Campaignnya.

Pertama - tama, apakah WINGS menyerupai TheDao? Kenapa ia belum mengumpulkan 150juta dollar? Berhubungan dengan pertanyaan ini, WINGS menjelaskan bahwa konsepnya sama sekali berbeda dengan TheDAO karna dalam platform WINGS, ia tidak melibatkan pengumpulan dan pemanajemenan dana. Sebaliknya WINGS ialah platform yg mengfasilitaskan pemilik proyek untuk mengumpulkan dan memanajemenkan dana. Sedangkan pemilik token WINGS pula dapat memanfaatkan fasilitas chatbotsnya untuk mendukung sesebuah ide proyek yg dirasakan dapat menjadi sukses dengan imbalan rewards, apabila prediksinya benar.

Kedua, bagaimana jika WINGS tidak dapat menargetkan minimal 5000btc yg diperuntukkan untuk meluncurkan produk MVPnya? Disini WINGS menyatakan bahwa jikalau mereka tidak memenuhi minimal donasi 5000btc sepanjang backing campaign ini, mereka tetap akan fokus meluncurkan produk MVPnya, dengan catatan mengurangi kos pengeluaran (berjimat-cermat) pada sektor marketing dan external sekuritas audit. Dikarenakan komunitas WINGS telah mencapai beberapa ribu orang yg memenuhi krateria sesebuah DAO, maka untuk itu sangat disayangkan jika seluruh proyek ini dibatalkan begitu saja.


Ketiga, berhubungan dengan bounty programnya WINGS, telur telur (EGGS) akan dapat ditukarkan kepada Token WINGS sebelum berakhirnya backing campaignnya. Saat ini WINGS juga sedang bekerja untuk mengaktifkan proses tersebut dan akan diumumkan jika ia telah tersedia.

Keempat, ok... pertanyaan yg satu ini ialah berhubungan dengan alokasi penyumbangan donasi menggunakan cryptocurrency yg berbeda beda. Jadi kita yg ikut berpartisipasi dalam backing campaign ini, dapat menyadari bahwa token WINGS yg kita perolehi itu berbeda beda kuantitasnya, tergantung cryptocurrency apa yg kita gunakan. Hal ini terjadi dikarenakan 5 cryptocurrency yg didukung oleh WINGS ini, mempunyai alokasi kuantitas tokennya yg berbeda beda dari total keseluruhan 75juta token yg dijana dalam Backing Campaign:
  • BTC - 70%
  • ETH - 15%
  • ETC - 6%
  • XRP - 5%
  • LTC - 4%
Jadi... untuk saat ini jangan heran jika kita berdonasi menggunakan ETH, ETC, XRP dan LTC akan mendapatkan token WINGS yg lebih banyak kuantitasnya jika dibandingkan berdonasi menggunakan BTC. Nah... pada saat ini, tim WINGS juga sedang bekerja untuk menghadirkan statistik perbandingan antara kelima lima cryptocurrency tersebut sehingga orang - orang nantinya dapat mengetahui, menggunakan cryptocurrency yg mana satu akan menjana token WINGS yg lebih buanyak.


Kelima, kenapa WINGS menggunakan perkataan "Donasi" dalam backing campaign ini? Nah... sebenarnya tim WINGS telah berkonsultasi dengan berbagai firma hukum dalam beberapa bulan yg lalu untuk mengenalpasti apa regulator terbaik dalam menubuhkan WINGS. Mungkin jika anda cukup akrab dengan Ethereum, disitu WINGS melakukan pendekatan yg sama seperti Ethereum saat mereka melakukan backing campaignnya di tahun 2014. WINGS mendapatkan bantuan hukum dengan satu firma yg sama seperti Ethereum, dimana ia berlokasi di Switzerland dan WINGS ini dapat dikategorikan sebagai non-profit foundation. 




Keenam, kapan sih Token WINGS dapat diperdagangkan di exchangers? Sejauh ini Wings sudah berkomunikasi dengan beberapa exchanger, namun demikian Tokennya WINGS cuma dapat diperdagangkan setelah platform mereka live dan mempunyai beberapa proyek DAO yg sudah siap untuk diluncurkan pada waktu yg bersamaan. 

Ketujuh, kapan sih seseorang dapat mulai mengajukan ide proposalnya? Jawaban terhadap pertanyaan ini sama seperti persoalan yg sebelumnya yakni, harus menunggu platformnya live dulu setelah sesi backing campaignnya berakhir. Namun begitu, jika anda pengen berkomunikasi dengan tim WINGS terlebih dahulu tentang konsep idenya anda, maka bisa kontak mereka secara langsung.

Kedelapan, kapan sih kita dapat melihat cuplikan demo platformnya WINGS? Berhubungan dengan pertanyaan tersebut, WINGS mengatakan bahwa nanti di bulan Desember mereka akan merilis video yg menunjukkan bagaimana rupa bentuk pre-alpha sistemnya. 

Yop... sebenarnya ada 10 tanya jawab, namun ane cuma memilih untuk mengulas 8 daripadanya saja karna sisanya tidak sebegitu penting. Dan jika anda mau membaca full artikelnya bisa langsung kunjungi blog WINGS. Tak lupa juga jika anda mau mendalami WingsPlatform dapat membaca WHITEPAPER ( VERSI INDONESIA).


Sekian aja dulu, semoga bermanfaat!
Salam YesNo!

Yops... wancana singkat ini dimungkinkan terjadi sempena acara DevCon2 berlangsung di China pada tanggal 30 September 2016. Host kita disini ialah Simon Phipps, yakni partnernya KPMG di China, dimana ia merupakan salah satu dari 4 perusahaan besar dunia yg menyediakan penjasaan audit, asuransi, konsultasi perpajakan dan lain lainnya. Dengan adanya wancana yg singkat ini, diharapkan kita dapat mengenal lebih dalam lagi berhubungan dengan Ethereum sejauh ini.

Pertanyaan pertama dimulai dengan apa pendapat Vitalik berhubungan dengan teknologi blockchain dengan asuransi? Disini Vitalik berpendapat bahwa asuransi merupakan salah satu  area dalam industri finansial yang mudah untuk mengaplikasikan teknologi blockchain. Alasannya ialah, asuransi itu berhubungan dengan data dan finansial, jadi ia semudah membangun "blocks" dimana data sangat mudah diakses sejak adanya teknologi internet. Kemudian... begitu juga dengan hadirnya teknologi blockchain, maka industri finansial juga makin mudah untuk dijelajahi. Saat ini... kita dapat melihat beberapa perusahaan mandiri sudah mulai membangun aplikasi asuransi mereka sendiri seperti contoh: Flight Insurance Pilot, dan juga beberapa perusahan asuransi raksasa juga telah mulai tertarik dengan teknologi blockchain. Vitalik menambahkan bahwa mungkin butuh beberapa tahun lagi sebelum penggunakan blockchain ini akan mulai diadopsi secara masif, dan pada saat ini pula ia bergantung sebagaimana teknologi teknologi tersebut saling melengkapi sehingga menjadikan ia mudah untuk dioperasikan. 


Topik seterusnya yg dibahas ialah berhubungan dengan model pemerintahan (government) dengan kondisi blockchain saat ini yg belum memenuhi standard global dimana ada kalanya ia menimbulkan perasaan was was serta ketidak pastiaan. Menanggapi pertanyaan seperti itu, Vitalik berpendapat bahwa dia merasa tidak cuma hanya ada satu tantangan model pemerintahan dalam blockchain, tapi ada sangat banyak tantangan yg berbeda beda dalam model pemerintahan blockchain. Contohnya... jika kita membandingkan public blockchain dengan consortium blockchain, kedua - duanya mempunyai kebijakan (policy) yg berbeda beda. Terutamanya dalam publik blockchain, semua kesepakatan harus lah disetujui oleh majoritas komunitasnya, misalnya: bagaimana keputusan perubahan protokol itu ditentukan. Berhubungan dengan perspektif standard pula, ada baiknya jika kita tidak mengstandardkannya terlalu awal, karna para developer yg sedang menciptakan berbagai ragam applikasi berbasis blockchain, saat ini masih sedang dalam tahap eksperimentasi. Mungkin lebih baiknya jika kita melihat bagaimana aplikasi mereka ini berfungsi dan diadopsi terlebih dahulu, sebelum menentukan standard yg tepat.

Seterusnya Simon Phipps juga menyinggung topik yg berhubungan dengan "immutable" dan "editable blockchain" sebagaimana dia penasaran apa tanggapan Vitalik berhubungan dengan fase tahap awal blockchain yg biasanya akan selalu melakukan hardfork.  Menurut Vitalik, setiap aplikasi mempunyai keperluannya yg berbeda beda dan sekali lagi diulang bahwa dalam publik blockchain ia memerlukan koordinasi sosial beserta suara persetujuan yg cukup besar untuk mendapatkan persetujuan melakukan fork atau tidak. Ada waktunya fork ini dilakukan untuk menambahkan fitur dan fungsi baru dalam blockchain, dan banyak cara untuk mengimplementasikan fork tanpa harus membalikkan kondisi blockchain, seperti contoh: fork tersebut cuma perlu menargetkan pembalikkan pada level contract doang, sehingga fork tersebut tidak berpengaruh pada blockchain. Vitalik juga menambahkan bahwa keunggulan utama blockchain ialah transparansi, jadi dengan hanya mengandalkan sebuah block explorer saja, maka kita (publik) dapat memantau apa saja aktivitas yg sedang terjadi diatasnya.


Menanggapi pertanyaan terakhir berhubungan dengan prospek Ethereum di HongKong, Vitalik berpendapat saat ini tentu saja banyak pengadopsian yg sedang bereksperimentasi dengan Ethereum di Asia misalnya: Singapura, HongKong dllnya. Disini Vitalik menambahkan juga bahwa sudah tentu mereka sangat menghargainya dan senang untuk bekerjasama dengan orang orang yg hendak menjadikan dunia ini lebih baik lagi.

Yops... sampai disini saja wancana singkatnya Vitalik bersama dengan KPMG, jika anda pengen mendengar ceramah yg sedikit panjang lebar keseluruhan conference itu yg berdurasi 1jam lebih, anda bisa kunjungi link youtube ini.


Salam YesNo!

Yuhaa... kawan kawan semua terutamanya para GPU Miner sekalian! Gimana kabarnya? Cukup bersyukur-kah dengan kehadiran ZCash? Oho... tentu saja!!! Sejak kehadiran Zcash pada tanggal 28 oktober 2016 kemarin, akhirnya para miner mempunyai lebih banyak pilihan lagi untuk menentukan pilihan cryptocurrency yg mana satu hendak ditambang. Disini perlu kita akui bahwa ZCash ialah cryptografik pertama yg menjalankan algoritma proof of knowledge, dimana ia bukan saja menarik perhatian para miner tapi juga para pengguna lainnya yg hendak memanfaatkan elemen kerahasiaan protokolnya. 

Saat seseorang hendak mengirim atau menerima ZEC (ZCash), mereka dapat memilih untuk melakukan transferan transparan atau transferan terlindungi (shielded). Dengan memahami kedua dua tipe transaksi ini, maka ini akan membawa kita mendalami ZCash lebih jauh lagi.


Screenshot diatas yg saya kutip langsung dari Blog Resmi ZCash, menunjukkan prosedur pengiriman dan penerimaan ZEC dalam proses transaksi. Maksud dari shielded address ialah ia memanfaatkan zero knowledge proof untuk membisakan pengverifikasian transaksi tanpa membocorkan data enkripsinya. Semua transaksi yg dilindungi (shielded) tersebut harus menggunakan wallet address yg disebut z-addrs. Sedangkan maksud dari transparent address ialah, ia memanfaatkan interaksi "Transparent Value Pool (TVP)" dimana semua data transaksinya bersifat transparant dan menggunakan wallet address yg disebut "t-addrs". Disini fee transasksi dalam protokol Zcash harus melalui TVP dan untuk itu, ia akan selalu bersifat transparan, namun meskipun demikian... nilai dan address transaksi yg melalui shielded address tetap terjaga kerahasiaannya.


Seperti yg kita ketahui ZEC merupakan unit currencynya ZCash, dan ia cukup berbeda dengan cryptocurrency lainnya, karna ZEC mengandungi set elemen yg berbeda beda tergantung apa tipe wallet address yg digunakan sebelumnya.
  • Jika ZEC disimpan dalam address transparan maka ia dapat disimak secara publik.
  • Apabila balance ZEC yg berasal dari t-addrs, dikirim ke t-addres lainnya atau ke z-addrs (shielded), outputnya akan selalu transparan.
  • Namun demikian, keunikan mengtransfer ZEC dari t-addrs kepada z-addrs ialah ia menghapus koneksi elemen transparan yg sebelumnya dan menjadikan ia berelemenkan rahasia (shielded)
  • Saat ini tidak semua wallet mobile mendukung z-addrs karna limitiasi software dan hardware yg masih terbatas.
Transaksi yg ditunjukkan pada gambar dibawah ini menunjukkan contoh pengtransferan 0.2025 ZEC (belum dipotong fee 0.0001) dari t-addrs kepada z-addrs. Disini kita dapat melihat bahwa, nominal ZEC t-addrs tetap diperlihatkan, sedangkan semua informasi yg berhubungan dengan tujuan z-addrs dirahasiakan. 


Yops... perlu diperhatikan bahwa penjelasan diatas hanya menunjukkan secara dasar apa saja tipe tipe transaksi Zcash dan bagaimana prosedurnya. Kedepannya... masih banyak lagi elemen - elemen yg lebih rumit akan diperkenalkan seiring berkembangnya inovasi ZCash dalam industri cryptocurrency.  Saya rasa sekian aja dulu artikel hari ini yg berhubungan dengan ZCash, Semoga Bermanfaat!


Salam YesNo!

Yuha... dalam artikel seputar blockchain hari ini, kita akan memperkenalkan dua tokoh yg cukup berpengaruh dalam industri blockchain yg diwancana oleh Stephen Taylor dibawah sponsor EtherCamp. Yap... dimulai dengan Harry Yeh, beliau merupakan managing partnernya Binary Financial (US Based) yakni sebuah perusahaan yang memanajemenkan dana investasi dari para klien dan rakan kongsi dalam industri cryptocurrency. Binary Financial juga merupakan salah satu broker finansial cryptografik terbesar, misalnya jika seseorang hendak membeli Bitcoin/ Ethereum dalam skala besar seperti contoh: 5juta sampai 10juta dollar, mereka dapat datang kepada mereka. 

Lumayan menarik bahwanya latar belakang Harry Yeh berasal dari software engineering namun demikian, dia mempunyai banyak sahabat dan koneksi yg bekerja dalam bidang finansial. Kemudian di tahun 2008, Harry Yeh mulai menceburi bidang hedge fund (pengelola investasi global) dan giat aktif melakukan trading forex dan option, akan tetapi... sayangnya pada saat itu krisis ekonomi mulai melanda dunia. Seterusnya... minatnya terhadap teknologi blockchain dan bitcoin mulai terpupuk pada tahun 2013 ketika dia mendapat tau melalui postingan facebook pertemanannya, dimana pada saat itu 1 Bitcoin bernilai $60. Menurut pandangan Harry, Bitcoin merupakan satu satunya crypto yang paling matang jika dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya saat ini, tapi pada waktu yg bersamaan cukup menarik karna banyak app coin lainnya yg mulai hadir (Ethereum, Zcash, Litecoin) dengan inovasi teknologi mereka yg tersendiri.


Dikarenakan adanya inovasi dari teknologi blockchain, Harry merasa takjub apabila visa, mastercard, dan bank mulai melirik dan menunjukkan sedikit sebanyak rasa antusias terhadap teknologi - teknologi blockchain yang ada saat ini. Mengakhiri sesi wancana yg singkat tersebut, Harry memberikan sedikit nasehat kepada startup2 baru yg berbasis blockchain bahwanya relisasikan idemu bukan karna duit, namun karna anda suka terhadap apa yang sedang anda lakukan. Contohi beberapa orang sukses dalam industri cryptocurrency seperti contoh Vitalik, Zooko dllnya dimana mereka, tidak terpengaruh dengan duit dan fokus untuk menciptakan produk yang lebih baik lagi, karna duit akan datang dengan sendirinya dikemudian hari.

Moving on kepada perkenalan tokoh kedua dalam artikel hari ini iaitu Professor Ferdinando Ametrano dari Universitas Politecnico di Milano, yg turut hadir dalam acara blockchain money 2016 di London. Sebelum Prof. Ametrano aktif mengajar teknologi blockchain, dia mendapat tau pertama kalinya ttg Bitcoin ialah di tahun 2014, saat dia mulai memerhatikan sektor industri finansial teknologi. Lalu dia menghadiri sebuah konferensi yg diadakan di Berlin dan saat itulah dia mulai mengenal apa itu blockchain dan Bitcoin. Kemudian dia pun berpikir bahwa jika teknologi ini dapat berfungsi seperti apa yg dideskripsikan, maka Prof. Ametrano bertekad untuk menjadikannya sebagai pekerjaan fulltimenya. Tak disangka pula sekarang ini... Prof Ametrano menjadi seorang pengajar teknologi blockchain Bitcoin di Poletecnico di Milano.

Prof. Ametrano sangat takjub dengan kesan dari pertumbuhan teknologi blockchain, bahwanya penciptaan emas yg berbentuk digital ini (Bitcoin) akan menciptakan sejarah peradaban, duit dan finansial. Kenapa menjadi seorang pengajar? Prof. Ametrano berpendapat banyak ketidak salahpahaman yang terjadi saat ini berhubungan dengan blockchain dan dia juga tidak merasa bitcoin akan menjadi yg satu satunya digital asset yang ada di dunia ini. Selain itu, Blockchain tanpa digital asset menurutnya ialah tidak benar, karna jika sesebuah blockchain tidak mempunyai nilai duit (currency) untuk memberikan rewards kepada para miner selaku kesepakatan suara yang terdistribusi, maka keseluruhan sistemnya tidak akan menjadi desentralisasi.


Mungkin beberapa orang menggangap Prof. Ametrano sebagai seorang Bitcoin Maximalist, dan beliau menafikan hal tersebut karna Prof. Ametrano selalu mempelajari cryptografik lainnya yg dianggap sebagai eksperimen bermanfaat dimana akhirnya dapat bersaing dengan duit dunia yg sangat bersifat monopoli. Selain itu, Prof. Ametrano berpendapat bahwa negative interest rate (tingkat suku bunga negatif) saat ini merupakan model pemerintahan negara yg gagal dan ini merupakan waktu yg tepat dalam sejarah manusia dimana duit private akan dapat bersaing dengan duit pemerintah. Berhubungan dengan kompetisi antar digital - digital asset ini (Bitcoin, Ethereum, ZCash, Monero dllnya), ia merupakan sesuatu yang bagus dan sehat karna setiap dari mereka menghadirkan fitur fitur baru yg memantapkan lagi teknologi Blockchain. 

Yops... sekian aja dulu postingan artikel untuk hari ini. Semoga Bermanfaat.

Salam YesNo!

Yops... kawan kawan semua, hari ini ane membawakan beberapa update fundamental yg sedang terjadi dalam ruang lingkup Factom. Tidak terasa sudah hampir kurang lebih 2 bulan gak mengupdate tentang Factom sejak September 2016 kemarin. Aha!!! Jadi... tanpa basa basi langsung saja kita get starto...

Pertama tama, akhirnya Factom telah merilis Federated Testnetnya mereka pada tanggal 7 November 2016 . Testnet ini akan menjadi titik terangnya pengrilisan Fase Milestone 2 yg telah ditunggu tunggu lebih dari satu tahun. Disini tim Factom mengundang publik untuk datang mencoba kemapamannya testnet meskipun mereka sendiri telah melakukan ujicoba beberapa bulan sebelumnya. Factom Federation (FF) ini akan menambahkan beberapa fitur baru, antara lainnya ialah distributed servers, peer to peer network, throughput yg lebih besar, Graphic Contral Panel Confirmations dan lain lainnya. Kedepannya, factoid yg berjalan pada blockchainnya Factom Genesis akan disambungkan supaya juga dapat berjalan pada software Factom Federation ini. Sejauh ini kita tidak dapat mengetahui seberapa lama tahap pengujicobaan testnet ini akan berlangsung, namun demikian seiring waktu berlalu, saat ini kita telah memasuki minggu yang ketiga ^_^v

https://twitter.com/Netcube93/status/795764029679632384


Seterusnya yg tidak kalah menghebohkan ialah Bills and Melinda Gates Foundation memberikan grants (ganjaran) kepada Factom untuk mengamankan medical records (catatan medis), dan hal ini diumumkan pada tanggal 18 November 2016. Medical records ialah riwayat dokumentasi penting yang dipegang oleh klinik/ rumah sakit dimana ia mengandungi informasi informasi penting para pasiennya. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, semua medical records ini dapat diamankan kedalam blockchain dan kemudiannya dapat diakses kapan saja, serta dimana saja oleh mereka yang berwewenang secara sistem verifikasi biometrik  
"With Factom, You Will NEVER Loss Your Birth-Certificate"
Jika Factom melakukan tugas yg baik dalam kesempatan ini, maka jgn heran kalau akan banyak lagi insitusi2 medis yg akan datang kepada Factom untuk ngajak bekerjasama.


Setelah itu... penyedia Platform Internet of Things "Smartrac N.V" akan menghadiri acara Trustech di Cannes pada tanggal 29 November 2016 - 1 Desember 2016, dan disini Factom akan turut hadir untuk mendemonstrasikan kepada mereka bagaimana caranya pengintegrasian verifikasi dokumen fisik dan solusi keabsahannya, yang disebut DLoc. Factom menyatakan bahwa DLoc akan menjadi sistem keabsahan dokumen pertama yang menghubungkan dunia fisik dan dunia digital melalui blockchain Factom. Sekali lagi... ini akan menjadi fundamental besar buat Factom dalam rangka pengadopsian teknologinya, jika semuanya berjalan sesuai dengan apa yang mereka harapkan.


Yops... setelah berakhirnya seed funding Series A (oktober 2016), Factom memperkenalkan 3 produk premium yaitu: Apollo, Iris dan Hera. Tidak banyak yg hendak ane informasikan berhubungan dengan ketiga tiga produk ini karna semua details telah dideskripsikan dalam situs resminya Factom.

Yops... secara pribadi (personal) ane mengekspektasikan banyak lagi hal hal baik seputar Factom untuk beberapa minggu kedepannya. Dan... Saya rasa sekian aja dulu artikel untuk hari ini, Semoga bermanfaat ^_^v



Salam YesNo!

Yuhaaa... kawan kawan semua! Dan kali ini tanpa basa basi langsung aja... SELAMAT (CONGRATULATION) deh buat Ethereum karna hardfork yg ke-4nya  berjalan dengan mulus. Tampaknya kesan "Spurious Dragon" yg telah diberlangsungkan dari 2 hari yg lalu hingga ke saat ini benar benar menunjukkan kemapamannya, alasannya ialah kita tidak melihat adanya indikasi indikasi serangan DDOS semenjak upgrade tersebut diberlakukan ^^vVitalik Buterin turut menyatakan dalam Akun Twitternya bahwa blockchain Ethereum ternampak kokoh dan stabil, seterusnya... 19juta akun bodong yg dispam oleh sang attacker kemarin dulunya, sedang dalam proses pembersihan.


Disini kita tidak dapat mengelak dari hakikatnya bahwa setelah kesuksesan Hardfork ke-4 ini, nilai harga Ethereum tidak mengalami peningkatan, justru anjlok sedikit. Hal ini tentunya membuat beberapa pemegang Ether merasa sedikit kecewa. Namun begitu... bagi pecinta crypto yg benar benar memahami apa itu Ethereum, tentunya nilai harga ETH bukan menjadi isu untuk saat ini, karna yg kita ekspektasikan ialah jangka masa panjangnya. Menurut pendapat saya secara personal, masih sangat banyak ruang untuk Ethereum berkembang, dan mungkin cuma waktu lah yg dapat menjawab semua itu.


Update selanjutnya ialah berhubungan dengan perusahaan teknologi raksasa yg lumayan terkenal: "Siemens" bekerjasama dengan salah satu startup Blockchain di New York untuk mengembangkan proyek berbasis Ethereum yg berhubungan dengan pengtransferan energi secara peer to peer. Dulu ane pernah menulis sebuah artikel berhubungan dengan teknologi TransActive Grid yang memungkinkan orang untuk menjual tenaga solar memanfaatkan blockchain Ethereum, nah... teknologi itulah yg menarik minat Siemens untuk ikut terlibat mengembangkannya. Press Release yang lebih details berhubungan dengan ini dapat anda simak sendiri dimari.


Exchanger Kraken melakukan experiment sosial yg lumayan menarik yakni "Apabila anda dikasih duit 1 juta dollar, anda akan invest ke Bitcoin atau Ethereum untuk jangka waktu 5tahun?" . Untuk membawa experiment sosial yg ini ketahap yg level lebih tinggi, Kraken menawarkan sejumlah rewards dollar bagi mereka yg berpartisipasi mengsubmitkan video berdurasi 2-3menit, antara lain:
  • $10.000 bagi yang mendapat juara pertama
  • $5.000 bagi yang mendapat juara kedua
  • $3.000 bagi yang mendapat juara ketiga
  • $3.000 bagi yang terpilih sebagai video yang paling disukai penonton
Disini Kraken bekerjasama dengan economist melakukan survey terhadap 13 akedemi bisnis (MBA) dan hasilnya ialah 55% memilih Bitcoin dan 45% sisanya memilih Ether. Cukup menarik sekali menurut saya bahwa saat ini marketcap Ether itu cumalah 6.6% jika dibandingkan marketcap Bitcoin yg menaungi 93.4%, akan tetapi kita dapat melihat setiap individu yg mengikuti survey tersebut mempunyai tanggapan yg lumayan positif terhadap Ethereum. 


ENS yg dikenal sebagai Ethereum Name Service akan dapat memungkinkan penggunanya mengubah cryptografik address cth: 0x32b724f073ec346edd64b0cd98Wx14va50 menjadi kalimat perkataan yg dapat dibaca oleh manusia seperti: oneyesoneno.eth. Oho!! Seperti yg kita ketahui dalam dunia internet, DNS (Domain Name System) bukanlah sesuatu yg baru lagi. Jika pada zaman dulunya sebelum kehadiran DNS, kita harus mengetik serial nomor cth: 201.65.913.669 utk mengakses sesebuah situs, tp sejak hadirnya DNS maka anda cuma perlu ketik oneyesoneno.com utk mengakses blog ini. Hehehe... Jadi sekarang ini proyeknya ENS ini sedang dilaunching pada testnetnya Ropsten. Dan dengan adanya ENS ini... kedepannya kita dapat mengirim ether dengan mudahnya tanpa harus mengingat serial karakter yg merumitkan... seperti contoh... anda dapat lgs mengirim ether ke wallet ane: oneyesoneno.eth ^_^v



Yops... ane rasa sekian aja dulu informasi yang hendak saya sampaikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat.

Salam YesNo!

Yuhaa.... WavesPlatform akhirnya telah merilis fullnodenya beberapa hari yg lalu dan sekarang sesiapa pun sudah dapat berpartisipasi dalam proses desentralisasi menciptakan block. Artinya jika anda mempunyai 10ribu Waves, maka anda sudah dapat menambang Waves dan memperolehi rewards. Perlu diketahui bahwanya proses mining Waves ialah beralgoritmakan Proof of Stake sehingga tidak memerlukan spesifikasi komputer yang kuat dan rewardsnya yg akan didapati ialah melalui fee transaksi yg terjadi dalam platfrom tersebut. Untuk itu, tidak ada token Waves baru yg tercipta dan ia akan tetap terlimit pada supply 100juta token Waves tanpa inflasi.

Kehadiran fullnode ini bukan hanya berbicara tentang mining karna tujuan sebenarnya ialah sebagai fondasi dasarnya platform Waves untuk dapat memantapkan platformnya lagi. Ia juga dibutuhkan untuk mencapai semua milestone-milestone roadmap yang telah direncanakan seperti contoh: fiat gateway, exchanger desentralisasi, smart contract, dan lain lainnya. Meskipun pengrilisan Full node ini termasuk dibilang lamban, tapi nampaknya ia berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yg diekspektasikan. Dikabarkan, Waves akan mulai bekerja untuk mengrilis prototype 2FA decentralized yang bertujuan untuk memberikan sekuritas terbaik bagi para partner, pengguna dan klien Waves Platform.

Berbicara tentang Partnernya Waves, salah satunya yg lagi hanget dibicarakan ialah Darcrus dimana mereka baru saja memulai ICO nya di tanggal 21 November 2016 dan akan berakhir 11 Desember 2016. Jadi Darcrus ini akan berjalan pada platform Waves kedepannya yang memanfaatkan salah satu fitur CAT (Custom Asset Token) Waves.  Sedikit sebanyak tentang Darcrus ialah mereka akan fokus unutk menyediakan solusi sofware dan konsultasi bagi para pengusaha bisnis yg mau mengintegrasikan teknologi blockchain kedalam infrastukturnya. Keuntungan pemegang token Darcrus ialah mereka akan mendapatkan pembagian hasil revenue melalui sistem rewards proof of holding. Software pertama yg hendak dirancang oleh Darcrus ialah dAppsheet, yakni sebuah aplikasi desentralisasi yang dapat membantu perusahaan - perusahaan dengan mudahnya mengreplikasikan infrastrukturnya berdasarkan settingan blockchain.


Balik lagi kita kepada update fullnodenya Waves versi 0.3.4 ini, ia juga menghadirkan fitur asset creation yg merupakan salah satu fitur penting dalam platform Waves. Dengan adanya fitur tersebut maka seseorang sudah dapat menciptkan asset mereka sendiri. Lebih menarik, kedepannya akan ada opsi tambahan dimana para pengguna dapat mengisukan crowdfunding dan asset ini melalui Waves Lite Client. Jika anda tidak mengetahui apa itu Waves Lite Client, ia merupakan extension google chrome yg amat ringan dan mudah untuk digunakan tanpa harus mendowload keseluruhan blockchain Waves. Diekspektasikan pengrilisan ini akan terjadi pada minggu depan.

Waves bisa dibilang sistem produksi yang pertama berjalan pada framework Scorex dan assetnya distruktur dengan pendekatan simplified payment verification (SPV) sehingga ia membenarkan sistemnya untuk dapat diskalabilitaskan dengan lebih mudah. Kedepannya Waves akan memperkenalkan algoritma LPOS (Leased Proof of Stake), dimana para pemegang Waves yang mempunyai saldo dibawah 10.000 Waves dapat menempel pada salah satu nodes untuk sama sama menjaga sekuritasnya networknya dan skaligus memperoleh rewards dari fee transasksi yg terjadi dalam Platform Waves. Tidak cuma itu aja... kombinasi antara LPOS itu dengan DPOS (Delegrated Proof of Stake) kedepannya akan membenarkan pemprosesan transaski yang lebih laju dan efisien.


Yops... sekian aja dulu kabar Waves 23 November 2016, semoga bermanfaat.

Salam YesNo!

Yops... hola kawan kawan semua... judul artikel hari ini "Seputar Blockchain" akan menjadi salah satu serial artikel blog oneyesoneno yg berhubungan dengan perkenalan tokoh tokoh terkenal dan penemuan2 terbaru yang sedang hangat dibicarakan dalam industri blockchain. Semua penulisan ini dan begitu juga artikel2 kedepannya, hanya dapat dimungkinkan berkat adanya (Big Credits) sumber wancana Ether.Camp yg sy kutip langsung pada Youtube Channel mereka sebagai referensi. ^^v

Nich Ayton merupakan seorang entrepreneur teknologi yg telah berpengalaman lebih dari 30tahun dan juga merupakan salah satu CEO SmartLedger. Dia mengfokuskan dirinya pada model bisnis blockchain yang mendukung era Internet dan dunia digital yang semakin canggih dari hari ke hari. Disini jurus spesialisnya ialah dia dapat mengtransformasikan sesebuah bisnis/ organisasi untuk teradaptasi dengan teknologi blockchain.


Menurut Nich Ayton, sirklus hidup teknologi telah bermulai sejak tahun 1950-an yg lalu, apabila komputer sudah mulai dimanfaatkan dalam peperangan. Lalu ditahun 1960-an hadirlah mainframe komputer yg masiff dan di tahun 1970-an pula, kita dapat melihat revolusinya komputer yg disebut PC (personal computer) dimana ia mulai teradopsi pada tahun 1980-an. Seterusnya tentu saja di tahun 1990-an, hadirlah yg namanya Internet, dan semua gelombang gelombang teknologi yg disebutkan diatas semakin mendalam dan tidak dapat kita prediksikan karna ia bergerak dengan sangat cepat.

Apa yang sedang terjadi sejak tahun 1970-an sampai sekarang ialah struktur sesebuah organisasi/ perusahaan bersistemkan hirarki, dalam arti kata lain pengaturan jalan kerjanya sesebuah grup/ organisasi/ perusahaan ialah berdasarkan status rangking atau status kekuasaan. Maka untuk itu, ia menciptakan suasana kerja yg nol-kepercayaan, dimana ia dialami oleh kebanyakan organisasi saat ini. Seandainya jika anda bekerja dalam sesebuah organisasi dan anda menyimpang dari area yang bukan sepatutnya wilayah anda, maka anda bisa lgs dipecat. Jadi... apa yg terjadi saat ini ialah, teknologi blockchain dapat mengubah sistem kerjanya sesebuah organisasi yg bersifat hirarki seperti itu. Selain dari itu, blockchain menyediakan sistem distribusi transparansi yang mengubah database infomasi sesebuah organisasi yg bersifat sentral dan tertutup. Dengan adanya teknologi blockchain, maka semua orang dapat melihat sendiri apa saja aktivitas yg sedang berlangsung dalam sesebuah organisasi, tidak kayak sistem tradisonal saat ini dimana arsip databasenya dapat dimanipulasi dan diduplikasikan sesuai kehendak sesebuah pihak.


Teknologi blockchain dapat merubah bagaimana kita mencatat dan berbagi informasi dan Nich Ayton juga menganggap blockchain bisa mendefinasikan apa model operating yang hendak seseorang terapkan dalam organisasinya. Jadi... teknologi blockchain merupakan sebuah revolusi komputer science yang tidak akan kita ketahui bagaimana bentuknya dan ia sangat menarik karna blockchain menyelesaikan permasalahan fundamental yg sedang terjadi di dunia saat ini. Bayangkan seandainya anda mempunyai model bisnis yang tidak ada kepercayaan atau kepercayaan yg rendah dari para pengguna/ investor, dan saat ini ada sebuah solusi dimana anda dapat merubah model bisnismu menjadi sangat terpercaya, baik dari sisi transaksi, partnership, performa, dllnya...  tentu saja, bisnis anda akan langsung berubah 360derajat dan inilah yg dimaksudkan dengan kehandalannya teknologi blockchain.  

Namun begitu... apabila sebuah teknologi baru datang menerpa untuk menggantikan sistem tradisional saat ini, maka ia akan menciptakan sebuah jeda waktu, dimana orang orang akan berkumpul, memikirkannya dan bereksperimentasi dengannya. Jadi... inilah alasannya kenapa setelah 8tahun berlalu sejak blockchain Bitcoin hadir di dunia ini, barulah sekarang ini kita dapat melihat perusahaan perusahaan besar sibuk utk melirik kepada teknologi blockchain. Contohnya saja pada saat internet baru hadir di dunia, seseorang harus mengrilis lapisan lapisan sekuritas diatasnya sampai ia benar benar matang, sehingga di era tahun 2000-an barulah kita dapat mulai bertransaksi instrumen finansial secara online yg tidak dapat kita lakukan pada tahun tahun sebelumnya. Tak lama setelah itu, kita dapat melihat bisnis bisnis e-commerse mulai naik daun hingga ke hari ini. Jadi... teknologi blockchain juga akan melalui sirklus yg serupa seperti itu dan ia akan terjadi saat waktunya tiba nanti untuk mengubah sebagaimana dunia ini berfungsi.


Saat ini banyak sekali orang orang yang tidak dapat kita kenali, dimana mereka sudah mulai menggunakan teknologi blockchain untuk memecahkan kasus-kasus permasalahan. Konsep blockchain yg open-sources (terbuka) memikat ketertarikan para developer yg ada di dunia, dan mereka menciptakan serta bereksperimen dengan blockchain versi mereka sendiri.  Intinya... banyak sekali hal hal yg baik sedang terjadi saat ini dan Nick Ayton beranggapan bahwa tahun 2017 akan menjadi tahun yg luar biasa karna akan ada sesuatu yg mulai dapat kita sentuh dan saksikan.

Yops... sekian aja dulu postingan artikel untuk hari ini

Salam YesNo!

Baru gak lama di Indonesia heboh dengan kecepatan internet 4Gnya, sekarang ini pula rumor rumor berhubungan dengan teknologi 5G sudah mulai beredar. Ekspektasi berhubungan dengan teknologi 5G antara lainnya ialah internet yang lebih laju dan keupayaan untuk memenuhi kebutuhan teknologi digital futuristik seperti contoh Virtual Reality dan Augmented Reality. Dengan potensinya yg tanpa batas, maka timbul pertanyaan seberapa jauh kehandalan internet teknologi 5G ini dapat mengubah bagaimana orang menggunakan perangkat teknologi.

Semakin laju koneksi internet ini berarti pengguna dapat memanfaatkannya utk aktivitas yang lebih meluas lagi seperti contoh: mengstremingkan video secara live dan berinteraksi dengan merek dagang secara realtime. Saat ini koneksi 4G masih bisa dibilang tidak stabil jika mengstremingkan video secara live, namun dengan adanya 5G kedepannya, ia akan menyatukan kita dengan para penonton. Disini juga tidak menutup peluang manfaatnya teknologi 5G pada bidang teknologi virtual reality.


Perangkat mobile akan mendominasi kebutuhan manusia dengan adanya teknologi 5G ini. Orang orang terutamanya para pengusaha tidak akan ketinggalan informasi lagi, bahkan anak anak muda generasi sekarang akan lebih senang bawa hp ketimbang bawa laptop, karna ia lebih praktis. Seterusnya dengan adanya 5G, maka konektivitas internet yg bersifat wireless ini akan membawa bisnis bersamanya kemanapun dia pergi. 

Dengan kombinasi teknologi cerdas dan IoT (Internet Of Things) seperti contoh: driveless cars (mobil otomatis), maka semua itu dapat diakses melalui teknologi 5G. Bahkan jika terjadinya kerusakan sistem pada sesebuah perangkat maka kos perbaikannya akan lebih murah dengan cara mengirim data melalui teknologi cloud dimananya para operator akan memperbaikinya secara online. Teknologi 5G akan membawakan realitas baru kedalam hidup ini dan dimana mana saja akan ada Augmented Reality. Semua ini dapat terjadi, karna 5G membenarkan pemprosesan cloud secara real-time dan merespon langsung ke applikasi perangkat mobile.

Yops.. sekian aja dulu artikel untuk hari ini, cemangat!!

Salam YesNo!

Bisnis e-commerce di Indonesia baru saja memasuki tahap awal yang semakin rame dari hari ke hari. Namun begitu, yg benar benar sukses masih tergolong sedikit diantara sekian banyaknya startup2 yang berkecimbung dalam industri e-commerce. Secara personal, beberapa kawan saya juga sudah mulai menceburi bidang tersebut. Disaat seseorang hendak memulai bisnis e-commerce, ada beberapa taktik yang patut diketahui  untuk melariskan platformnya itu. Mungkin terlalu sangkin banyaknya strategi yang sudah dikongsi di internet, ia bisa bikin kita bingung sendiri, strategi yang mana satu yang terbaik?

Platform Sosial Media


Mendengar poin diatas, bisa jadi anda merasa "uh... sy juga tau". Akan tetapi harus kita sadari bahwa, mengetahui dan berkomitmen ialah dua hal berbeda. Tidak semestinya dengan membayar jasa penayangan iklan yg ditawarkan oleh sesebuah platform sosial media dapat melariskan bisnis e-commercemu. Ini dikarenakan jika anda tidak mengetahui bagaimana cara menargetkan pengunjung dan niche yg tepat, maka ia tidak akan mendatangkan hasil yang berkesan. Untuk itu, investasikan waktu dan usahamu pada beberapa variasi pilihan media sosial yg ada di luar sana dan jangan memboroskan duit yg tidak penting untuk sesuatu yang tidak mendatangkan hasil.

Dari Mulut ke Mulut


Cara terbaik untuk memarketkan platform anda ialah langsung mempromosikannya dari mulut ke mulut. Mungkin ini terdengar sedikit tradisional, tapi hakikatnya ini ialah sebuah tips yg lumayan ampuh. Terlebih lebih lagi jika anda sanggup menggaji seorang customer service yang profesional untuk melayani para pengguna, maka ini akan meningkatkan lagi kualitas platform-mu.

Wajib Mempunyai Blog


Situs platform e-commerce anda haruslah mempunyai sebuah area blog dimana anda secara rutin menghadirkan informasi - informasi terbaru buat para pengguna. Memanfaatkan kata kunci yg sedang viral, maka ini dapat meningkatkan lagi kehadiran situs platform e-commercemu pada mesin pencarian Google. Jika anda bukan seseorang yang jago menulis blog, anda dapat berpikir untuk membeli artikel blog dari para freelancer yang menawarkan jasa yang sedemikian. Harganya dapat bervariasi dari yang termurah kepada yang termahal, namun begitu untuk jangka masa panjang, ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas situs anda.

Kerjasama Partnership


Menjalin kerjasama antara perusahan besar maupun kecil dapat membantu untuk mencapai tujuan goal anda di masa hadapan. Tidak lupa juga dengan adanya kerjasama tersebut, ia kan membawakan insentif yg menguntungkan kedua dua belah pihak.

Pastikan Anda Jangan Overbudget


Selalunya para startup2 awal sering sekali overbudget saat hendak mempromosikan platform bisnisnya kepada masyarakat. Tidak lupa juga mereka harus membayar fees secara rutin seperti contoh: nama domain, hosting, perawatan platform, karyawan dan lain lainnya. Mungkin saja apabila anda sedang kekurangan dana untuk mendanai strategi marketing plan anda, maka bisa mencoba untuk mengadakan crowdfunding (pengumpulan dana) atau lain lainnya yg anda rasakan dapat membantu meroketkan platform anda.

Yops... ane rasa sekian aja dulu artikel singkat untuk hari ini, semoga bermanfaat.

Salam YesNo!

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget