Kenapa Desentralisasi dan Enkripsi Penting? | Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency
Seputar Bisnis Online Dan Cryptocurrency

Berbagi informasi cryptocurrency dan peluang bisnis online di indonesia

Kenapa Desentralisasi dan Enkripsi Penting?

Terbongkarnya proyek Vault 7 CIA, Offlinenya Amazon, dan mengapa desentralisasi serta enkripsi dapat menjadi solusi terhadap permasalahan diatas.

Lebih kurangnya seminggu yang lalu, Amazon S3 yang merupakan platform cloud storage terbesar tiba tiba offline selama beberapa jam. Sejumlah penyedia jasa seperti Trello, Slack, Heroku, Quora dllnya juga turut terkena dampaknya. Ternyata punca permasalahan tersebut terjadi dikarenakan kesalahan pengetikan command line saat maintenance (perawatan) server. Perasaan simpati dicurahkan kepada sang coder yang melakukan kesilapan tersebut, karna siapa sih yang gak akan pernah melakukan kesilapan? Namun meskipun demikian, seharusnya permasalahan seperti itu tidak sepatutnya terjadi.

Saat dunia menjadi semakin terkoneksi, platform penjasaan seperti Amazon S3 ini menjadi tempat bergantungnya orang orang, sehingga apabila suatu saat sistem mereka gagal, maka ia akan memberikan efek samping serius terhadap kehidupan manusia. Meskipun masih terlalu jauh untuk kita mengatakan bahwa teknologi yang ada saat ini akan gagal, namun kegelisahan atas permasalahan itu sudah sangat terasa di hari ini. Ketergantungan terhadap sebuah baut untuk menghubungkan keseluruhan infrastruktur jembatan, dapat menjelma menjadi malatapetaka saat ia mengalami kegagalan. Untuk itulah kenapa teknologi yang bersifat desentralisasi, dimana semua orang menjadi bagian dari keseluruhan infrasturktur tersebut ialah sangat dibutuhkan. Sehingga apabila sebuah baut lepas/ rusak, maka masih ada baut lain yang mencegahnya dari ambruk.


Pencurian identitas dan juga perentasan hak privacy di internet menjadi sebuah perbincangan hangat di media massa. Adapun informasi penting yang dicuri oleh hacker biasanya ialah atas tujuan profit, sedangkan pada sisi lainnya, pihak pemerintah juga mendapatkan otoritas untuk mengakses sebarang informasi personal yang disimpan secara online pada media sosial, network mobile, cloud service provider dllnya. Beberapa tahun yang lalu, dunia turut digemparkan oleh pengakuan dari Edward Snowden yang menceritakan bagaimana pemerintah secara diam diam mengakses kedalam komputer dan gadget orang orang awam. Disini Edward juga menjelaskan bahwanya satu satunya yang dapat mencegah semua ini ialah enkripsi. Dengan cara menggunakan teknologi yang tepat dan mengenkripsikan data data anda, maka barulah anda akan aman dari para pengintip/ perentas ini.

Hari ini ditanggal 7 Maret 2017, Wikileaks membocorkan wujudnya tools yang berasal dari CIA (Central Intelligence Agency) yg berfungsi untuk merentas iPhone, Android dan Smart Tv. Proyek ini dinamakan dengan bahasa kode "Vault 7" yang berisikan segudang dokumentasi rahasia agensi tersebut. Menurut WikiLeaks, alat alat perentas ini memanfaatkan malware/ virus yang diciptakan oleh EDG (Engineering Development Group). Lebih seram lagi, ternyata CIA juga menargetkan sejumlah operating sistem seperti Windows, OSx, Linux dan bahkan juga routers. Memang semua informasi ini belum dapat kita buktikan kebenarannya, namun demikian Wikileaks cukup dikenal dengan reputasinya yang baik untuk membicarakan kebenaran sejak tahun 2006 sampai sekarang.


Yops... sy rasa sekian aja dulu seputar apa saja masalah serius yang dihadapi oleh dunia saat ini, dimana masih ramai orang yang gak menyadarinya kalau saat ini dirinya sedang "diawasi". Inilah alasannya, kenapa sebuah teknologi yang bersifat desentralisasi dan berenkripsi ialah penting dan sangat dibutuhkan untuk hari hari kedepannya.

Salam YesNo!

Post a Comment

[Notice] Silakan menggunakan opsi "Name/ Url/ Login ke Google Account dahulu" untuk berkomentar. Jika sesebuah artikel sudah melebihi kapasitas kometar, maka Klik javescript "Muat Yang Lain..." untuk menampilkan keseluruhan komentar. [Terimakasih]

[blogger][facebook]

Oneyesoneno

{facebook#http://facebook.com/oneyesoneno} {twitter#http://twitter.com/oneyesoneno} {google#https://plus.google.com/102401419738820792784} {pinterest#https://id.pinterest.com/1yes1noindo/} {youtube#https://www.youtube.com/user/oneyesoneno/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget